18 Juli 2019

Speaker Multimedia Memungkinkan Komputer Mengeluarkan Audio Yang Dapat Didengar Manusia

Untuk mengubah sinyal elektrik komputer menjadi sinyal audio yang dapat dimengerti oleh indra manusia dibutuhkan seperangkat alat yang berfungsi sebagai transduser. Transducer adalah alat yang dapat mengubah suatu bentuk energi menjadi bentuk energi lain, seperti Energi Listrik, Energi Elektromagnet, Energi Cahaya, Energi Kimia, Energi Suara dan Energi Panas. Banyak orang yang beranggapan bahwa transduser adalah perangkat teknis untuk melakukan pengukuran atau transfer informasi. Prinsip kerja dasar transduser ialah melakukan konversi energi dari suatu bentuk energi menjadi energi dengan bentuk yang berbeda. Pengukuran dan transfer informasi merupakan tujuan menggunakan transduser. Dengan mengubah bentuk energi menjadi suatu bentuk yang lain maka energi tersebut memungkinkan untuk di ukur. Untuk melakukan manipulasi atau pengamatan besaran non-listrik, maka besaran tersebut harus diubah menjadi sinyal listrik terlebih dahulu oleh alat yang dinamakan transduser. Transducer dapat di-kelompokan berdasar-kan pemakaiannya, metode pengubahan energi, sifat dasar sinyal keluaran dan lain-lain. 

Speaker komputer berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses sinyal suara yang masih berwujud sinyal elektrik dari CPU komputer menjadi sinyal suara atau audio. Speaker komputer atau multimedia speaker adalah speaker yang dijual untuk digunakan pada komputer, meski biasanya dapat digunakan pada peralatan audio lainnya, misalnya untuk MP3 player dan Smartphone. Altec Lansing merupakan perusahaan yang pertama kali menjual speaker komputer pada sekitar tahun 1990-an. Saat Anda menginginkan audio dengan harga murah dan praktis, speaker aktif lebih cocok untuk dipilih. Tetapi jika Anda menginginkan kualitas suara yang lebih bagus anda bisa memilih speaker pasif, konsekuensinya anda harus membayar biaya lebih mahal karena aplifier dan speaker tersebut dijual terpisah. Komputer atau laptop terhubung melalui kabel ke speaker melalui empat cara yang umum digunakan, yaitu melalui port optikal, RCA, Headphone Jack dan HDMI. Sinyal elektrik audio komputer dilewatkan melalui media kabel atau bluetooth untuk diubah menjadi sinyal audio oleh speaker aktif atau pasif yang digunakan. 

Dari sudut pandang pengguna speaker komputer memiliki fungsi yang sama dengan speaker pada umumnya, yaitu untuk mengeluarkan sinyal audio atau sinyal suara dari peralatan elektronik. Jenis pengeras suara yang paling banyak digunakan adalah dynamic speaker yang ditemukan oleh Edward W. Kellogg dan Chester W. Rice pada tahun 1925. Dengan adanya speaker atau pengeras suara sinyal audio elektronik dapat dimengerti oleh indra pendengaran manusia sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Dynamic speaker memiliki dasar prinsip kerja yang sama dengan dynamic microphone, tetapi memiliki fungsi berlawanan yaitu mengubah sinyal audio menjadi sinyal elektrik. Simbadda CST 1900 N+ merupakan speaker aktif yang memiliki desain elegan, memiliki power output 25 Watt RMS dengan sub woofer 5 Inch dan satelite 1.5 Inch. Pengeras suara tersebut dapat digunakan untuk memutar musik MP3 langsung dari USB Flashdisk, memory MMC/SD Card, smartphone, iPod, notebook dan komputer. Headphone dengan desain flat-foldable seperti JBL T450 BT, Pioneer HDJ C70 dan Sony MDR-ZX110 lebih sederhana ketika disimpan dan juga memiliki kualitas bass yang memuaskan. 

Agar dapat menguasai pasar audio dan mengantisipasi masa depan Altec Lansing, para engineer bekerja sama dengan IBM dan Apple untuk menciptakan speaker komputer pertama sekaligus dock untuk iPod dan iPhones. Awalnya perusahaan tersebut bernama ERPI (Electrical Research Products, Inc.) kemudian pada tahun 1937 berubah nama menjadi Altec Service Company. Berbagai pengalaman Altec Service Company memberikan layanan pengeras suara pada kegiatan besar sekaligus banyaknya jumlah perangkat keras yang laku membuat pengguna merasa tepat memilih merek tersebut. Pembeli dapat memilih jenis speaker aktif atau headphone yang diinginkan dengan membeli produk tersebut melalui toko komputer atau website e-commerce. Merek Altec Lansing disukai oleh pencinta musik dan pengguna smartphone karena memiliki desain menarik sekaligus kualitas memuaskan. Pengeras suara yang di-produksi oleh Altec Lansing dapat terhubung ke komputer melalui Jack Aux 3.5mm atau bluetooth usb. 

Pengeras suara dikelompokkan menjadi dua kategori berdasarkan hubungan antara komponen pengeras suara dengan aplifier, yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Speaker aktif memiliki amplifier built-in sedangkan speaker pasif tidak memiliki amplifier built-in sehingga dibutuhkan kabel tambahan untuk menghubungkan speaker dengan amplifier atau mixer. Power amplifier adalah penguat akhir sistem tata suara yang berfungsi sebagai penguat sinyal audio yang merupakan penguat tegangan dan arus dari sinyal audio untuk menggerakkan pengeras suara. Speaker pasif memerlukan amplifier atau mixer sebagai daya, Anda juga harus memastikan bahwa impedansi dan daya antara speaker dan amplifier kompatibel jika tidak mengakibatkan pengeras suara tidak berfungsi atau tidak dapat mengeluarkan suara terbaik. Speaker aktif tidak dapat ditambah aplifier karena hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada amplifier sehingga Anda harus mengeluarkan biaya mahal untuk menggantinya. Pemilihan jenis speaker aktif atau pasif perlu dipertimbangkan sebelum membeli peralatan pengeras suara agar sesuai saat dihubungkan dengan peralatan yang dimiliki. 

Jenis port keluaran komputer harus sama dengan jenis konektor kabel yang menghubungkan pengeras suara dan komputer agar sinyal suara dari komputer dapat terdengar melalui pengeras suara. Speaker yang di jual umumnya menggunakan Jack Headphone dan USB untuk menghubungkan port pada komputer dengan kabel speaker. Sedangkan untuk koneksi wireless biasanya melalui port USB pada komputer. Speaker dengan koneksi wireless lebih fleksibel dari speaker dengan koneksi kabel namun memiliki harga yang lebih mahal. Speaker wireless dianggap memiliki kualitas suara yang jernih, suara bass yang bagus dan memiliki kontrol sederhana yang memudahkan pengguna. Beberapa merek pengeras suara yang sering digunakan masyarakat adalah Altec Lansing, Razer, Simbadda, Edifier, Bose, GMC, Logitech, Sonicgear, Advance dan Genius. Produk-produk tersebut dapat dibeli dengan harga antara lima puluh ribu rupiah hingga dua juta rupiah. 

Speaker komputer adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan gelombang suara dari komputer sehingga dapat di mengerti oleh indra manusia. Berdasarkan hubungan speaker dan amplifier, speaker komputer dibedakan menjadi dua yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Speaker aktif dan pasif memiliki karakter tersendiri yang dapat di sesuaikan dengan kondisi peralatan yang ingin dihubungkan dengan speeaker. Prinsip kerja peralatan speaker atau pengeras suara ialah mengubah sinyal audio elektrik menjadi sinyal audio yang di transmisi-kan ke udara sehingga dapat di dengarkan oleh manusia. Upayakan untuk tidak menghubungkan speaker aktif dengan amplifier tambahan karena akan mengakibatkan kerusakan pada komponen speaker aktif tersebut. Pilih merek, jenis dan harga speaker yang sesuai dengan peralatan dan kondisi keuangan Anda agar keperluan dapat terpenuhi tanpa mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.