24 Juli 2019

Sistem Operasi Windows 10 Sangat Handal Untuk Komputer Pribadi

Ada banyak pilihan sistem operasi untuk digunakan pada komputer pribadi misalnya Linux, Unix, Windows dan MacOS. Pada bulan April 2014 Terry Myerson dari Perusahaan Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 10 sebagai pengganti sistem operasi dari Microsoft sebelumnya. Tidak semua perangkat lunak aplikasi untuk sistem operasi Windows hanya dapat diperoleh dengan cara membeli. Perangkat lunak aplikasi untuk sistem operasi Windows 10 terdiri dari bermacam-macam jenis dilihat dari sudut pandang cara memperolehnya. Dari sudut pandang cara memperoleh perangkat lunak tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu berbayar dan gratis. Perangkat lunak berbayar dimiliki oleh pemilik hak cipta sehingga seseorang dapat menggunakan perangkat tersebut setelah mendapat izin dari pemilik tersebut atau melakukan pembayaran lisensi kepada pemilik hak cipta. Orang yang menggunakan perangkat lunak berbayar tanpa lisensi atau izin dinyatakan melakukan pelanggaran hukum dan undang-undang hak cipta. Lisensi perangkat lunak dapat diperoleh dengan membelinya melalui website perangkat lunak tersebut atau melalui distributor yang menjual lisensi perangkat lunak.

Pada bulan januari 2019 Windows 10 dapat mengalahkan popularitas sistem operasi pendahulunya yang menjadi sistem operasi paling populer dari Microsoft. Anda dapat menyalin berkas instalasi Windows 10 sekaligus membaca berbagai penjelasan teknis dan non teknis tentang sistem operasi Windows 10 melalui www.microsoft.com. Sistem operasi berfungsi mengelola perangkat keras seperti memori, CPU dan harddisk sekaligus mengatur program perangkat lunak agar terhubung dengan perangkat keras. Application Program Interface (API) adalah seperangkat proses, protokol dan alat untuk membuat aplikasi perangkat lunak dengan prinsip dasar menentukan cara perangkat lunak tersebut melakukan interaksi. Windows 10 tersedia dalam empat versi utama yaitu untuk komputer pribadi, laptop, Tablet dan Smartphone. Windows 10 merupakan sistem operasi untuk komputer pribadi yang di produksi oleh perusahaan Microsoft dari Amerika yang tersedia dalam empat edisi.

Kehadiran Windows 10 menarik banyak perhatian pengguna komputer, Windows 10 berhasil menarik minat lebih dari 65 juta pengguna dan terus bertambah dari hari ke hari. Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Sistem operasi tersebut menggunakan kernel Windows NT yang terkenal stabil sekaligus memiliki dukungan standar grafis OpenGL yang mendukung pengembangan aplikasi untuk perkembangan perangkat lunak, industri, penelitian, dan produk bisnis. Semua pengguna Smartphone, tablet dan PC bisa memanfaatkan sistem operasi ini. Revolusi tersebut dianggap memberikan perubahan dan kemajuan signifikan di bidang teknologi. Windows 10 memiliki banyak fitur baru diantaranya adanya Start Menu yang dihilangkan pada Windows 8 dan bagian bawah Start Menu Windows10 mempunyai fungsi bar pencarian. Seiring berbagai keunggulan yang dimiliki, Windows 10 hanya mudah digunakan oleh orang yang sudah terbiasa menggunakan komputer yang dikenal dengan istilah computer enthusiast atau computer expert.

Sistem operasi Windows 10 memiliki fitur modern, cocok untuk memainkan aplikasi permainan dan memiliki sistem keamanan yang baik. Sistem operasi pada umumnya mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pengolahan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Pengguna komputer tidak dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi komputer tanpa adanya sistem operasi seperti Windows 10, Free BSD, Fedora dan Mac OS. Secara umum sistem operasi komputer terdiri dari beberapa bagian, yaitu Mekanisme Boot, Kernel, Shell, Library dan Driver. Sistem operasi berbayar seperti Windows 10 dan MacOS dapat diperoleh dengan membelinya melalui website masing-masing perusahaan atau melalui agen yang diizinkan mendistribusikan perangkat lunak tersebut. Sistem operasi gratis seperti Fedora, Ubuntu dan Debian dapat diperoleh dengan menyalin dan menyimpan berkas instalasi dari website masing-masing pengembang.

Kernel adalah komponen inti pada sistem operasi yang bertindak sebagai jembatan antara aplikasi dan pengolahan data yang dilakukan oleh perangkat keras komputer. Kernel komputer menjadi jembatan tiga komponen utama perangkat keras komputer yaitu perangkat keras input, perangkat keras proses dan perangkat keras output. Lima jenis kernel yang dikenal adalah Monolitik Kernel, Mikrokernel, Hybrid Kernel, Nano Kernel, dan Exo Kernel. Fungsi Kernel adalah untuk melayani berbagai program aplikasi mengakses perangkat keras komputer, mengatur penjadwalan suatu program memakai bagian perangkat keras dan membantu eksekusi aplikasi melakukan abstraksi perangkat keras. Kernel bertanggung jawab melakukan manajemen proses aplikasi, manajemen memori, alokasi dan manajemen perangkat input-output dan System Call Controll. Istilah kernel sering digunakan dalam buku dan diskusi tentang Linux tetapi jarang dibahas pada sistem operasi lain seperti Microsoft Windows. Hal tersebut terjadi karena kernel Linux sangat dapat di-konfigurasi dan pengguna didorong untuk belajar melakukan modifikasi sedangkan sistem operasi lain seperti Microsoft Windows relatif jarang membahas kernel karena kernel tersebut tidak dapat di modifikasi atau diganti.

Windows 10 tersedia dalam empat edisi utama yaitu Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Education. Untuk perangkat bergerak atau mobile tersedia dalam tiga edisi yaitu Windows 10 Mobile, Windows 10 Mobile Enterprise dan Windows 10 IoT Core. Pilih edisi yang sesuai dengan perangkat keras komputer yang dimiliki agar permasalahan teknis yang timbul tidak terlalu banyak dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kondisi keuangan. Berbagai edisi produk perusahaan Microsoft dapat dilihat dengan mengakses website melalui alamat www.microsoft.com. Pada bulan Juli 2014 CEO baru Microsoft bernama Satya Nadella menjelaskan bahwa Microsoft berencana untuk melakukan penyempurnaan pada sistem sistem operasi berikutnya sekaligus menyatukan Windows, Windows Phone, dan Windows Embedded. Selain sistem operasi beberapa produk dari Microsoft yang populer di kalangan masyarakat Indonesia antara lain adalah Microsoft Office, Internet Explorer, Windows Phone, Outlook dan Skype.

Windows 10 merupakan salah satu produk perangkat lunak sistem operasi yang di produksi oleh perusahaan Microsoft yang memiliki tingkat stabilitas tinggi. Salah satu hal yang membedakan antara sistem operasi Windows dan Linux ialah pada izin melakukan modifikasi kernel. Windows tidak memberikan izin kepada pengguna untuk melakukan modifikasi kernel, sedangkan Linux memberikan izin kepada pengguna untuk melakukan modifikasi pada kernel. Sistem operasi Windows 10 dapat digunakan untuk keperluan pribadi hingga Enterprise. Sistem operasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia selain Windows adalah Linux yang pertama kali di temukan oleh Linus Torvald dari negara Finlandia. Gunakan sistem operasi yang paling memungkinkan dan mudah untuk diperoleh, di instalasi pada komputer sekaligus dipelajari sehingga Anda lebih paham tentang sistem operasi yang Anda gunakan. Sistem operasi Windows 10 Pro memiliki fitur tambahan untuk pengguna mahir dan lingkungan bisnis skala kecil dan menengah sehingga cocok digunakan pada komputer pribadi orang yang bekerja pada sebuah perusahaan atau institusi bisnis.