10 Juli 2019

Perangkat Lunak Opensource Synfig Memudahkan Desainer Membuat Animasi 2D

Perangkat lunak animasi dua dimensi (2D) digunakan untuk membuat flat animation dengan dilengkapi kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu dan mengatur suara. Flat Animation merupakan jenis animasi yang menggunakan grafis sederhana yang mendetail untuk membuat ilusi gerak secara terus-menerus dalam sebuah video. Animasi banyak digunakan untuk membuat hal-hal yang bersifat hiburan sehingga orang yang memiliki sedikit waktu luang kurang berminat dengan hal tersebut. Animasi bukan hanya untuk membuat hal-hal yang bersifat hiburan seperti film kartun, anime dan permainan komputer. Animasi dapat bermanfaat untuk berbagai bidang seperti politik, keagamaan, industri, ekonomi dan sosial. Hiburan dalam bentuk animasi kurang disukai oleh manusia dewasa dan juga saat ini ada bayak sekali jenis hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat dengan leluasa. Pemanfaatan animasi untuk hal-hal yang lebih serius seperti iklan, media pembelajaran dan pemetaan akan membuat karya animasi lebih bermanfaat untuk orang lain. Perangkat lunak Synfig memudahkan pengguna membuat animasi 2D karena bebas digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat lunak tersebut. 

Synfig Animation Studio atau sering disebut dengan Synfig merupakan salah satu hasil kecanggihan teknologi komputer di bidang perangkat lunak yang bersifat open source. Synfig adalah perangkat lunak aplikasi desain grafis untuk membuat animasi dua dimensi berkualitas tinggi. Pengguna dapat menggunakan perangkat lunak tersebut untuk membuat film, tutorial dan iklan. Penggunaan animasi untuk kepentingan politik, sosial, keagamaan, industri dan ekonomi akan memberikan manfaat dan nilai yang lebih besar dibandingkan untuk hiburan. Teknik Morphing dan Cutout yang ada pada perangkat lunak tersebut menjadikan pengguna lebih mudah dan produktif membuat animasi 2D berkualitas. Setidaknya ada lima jenis animasi yang banyak dikenal, yaitu traditional animation, 2D animation, 3D animation, motion graphic dan stop motion. Synfig merupakan perangkat lunak yang akan menjadikan animasi 2D hasil ciptaan Anda lebih berkualitas dan proses membuatnya juga lebih cepat dan mudah. 

Proses membuat animasi 2D membutuhkan perangkat lunak aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis atau membeli dari perusahaan pembuat perangkat lunak. Robert Quattlebaum dan Adrian Bentley menciptakan perangkat lunak aplikasi komputer Synfig untuk digunakan sebagai Vector Graphic Editor dan Computer Animation. Vector Graphic Editor adalah program komputer yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar vektor secara interaktif dan menyimpannya ke dalam format grafis vektor, contohnya EPS, PDF, WMF, SVG, atau VML. Sedangkan Computer Animation memiliki arti sebagai seni menciptakan gambar bergerak melalui penggunaan komputer. Vector Graphic Editor dapat digunakan untuk membuat ikon, logo, poster atau billboard. Beberapa contoh animasi 2D adalah film Daffy Duck, Bugs Bunny, Snow White, Little Mermaid, Family Guy. 

Walaupun pada tahun 1943 militer Angkatan Laut Jepang pernah menugaskan studio Geijutsu Eigasha memproduksi film propaganda perang berjudul Momotar no Umiwashi yang artinya Elang Laut Momotronamun, anak-anak masih menjadi target pasar film animasi terbesar. Film animasi sangat disukai oleh manusia dengan usia anak-anak dengan berbagai alasan yang masuk akal. Animasi adalah salah satu media pembuatan film yang paling fleksibel, sehingga layak untuk menerima penghargaan dan pengakuan bahwa animasi lebih dari hiburan anak-anak. Animasi dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan produk, video kampanye politik, video layanan masyarakat atau video pembelajaran. Anda dapat mempelajari tentang bagian-bagian perangkat lunak animasi, proses pembuatan animasi dan tips membuat animasi yang bagus dengan mencari e-book animasi 2D melalui website Google. Pelatihan singkat dari Morevna Project dalam website https://morevnaproject.org ditujukan untuk orang yang ingin belajar menggunakan perangkat lunak Synfig sehingga pengguna tersebut dapat membuat animasi karakter dengan baik. 

Sayangnya dalam upaya untuk membuat animasi dua dimensi berkualitas tinggi Synfig hanya menggunakan dua jenis teknik animasi dari sekian banyak teknik yang ada. Dua teknik tersebut digunakan oleh pengguna Synfig untuk membuat animasi berskala industri. Teknik Morphing adalah efek di mana suatu objek berubah secara perlahan menjadi objek lain. Pada animasi Cutout menggunakan komputer gambar dimuat ke dalam perangkat lunak grafis dan dipisahkan menjadi elemen-elemen diskrit sehingga pengguna dapat mengedit gambar yang diinginkan tanpa mengganggu gambar pada frame lain. Untuk menambahkan atau mengusulkan agar melakukan penambahan teknik yang ada, pengguna harus bergabung menjadi tim pengembang sekaligus menguasai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat perangkat lunak tersebut. Apabila aplikasi tersebut dirasa kurang memuaskan Anda bebas untuk memilih perangkat lunak pengganti Synfig, contohnya Adobe After Effect, Macromedia Flash, Moho dan Tupi. 

Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan menggunakan komputer. Proses pembuatan gambar dan proses gerakan pada animasi komputer dibuat dengan komputer dan perangkat lunak khusus untuk pembuatan animasi sehingga proses membuat animasi menjadi lebih mudah dan cepat. Proses pembuatan animasi dilakukan melalui tiga tahap utama yaitu pra-produksi, produksi dan pos-produksi. Proses tersebut dikerjakan oleh seorang animator dengan alat bantu komputer, teknik animasi dan perangkat lunak animasi. Standar internasional yang dapat dijadikan acuan dalam pembuatan Graphic and Humanoid Animation adalah ISO/IEC 19774 yang di publikasi pada tahun 2006. Perusahaan yang berhasil memproduksi film animasi dan dikenal oleh masyarakat luas antara lain adalah Disney, Nickelodeon dan Pixar. Perusahaan-perusahaan tersebut mampu memproduksi film bermutu sehingga disukai dan tayang di berbagai stasiun televisi di berbagai negara. 

Dengan Synfig aktivitas membuat animasi dua dimensi menjadi lebih mudah dan cepat sehingga pengguna akan lebih produktif dalam membuat video animasi. Proses membuat animasi dua dimensi membutuhkan keahlian, ketelitian dan peralatan yang baik agar animasi yang dibuat berkualitas dan disukai oleh konsumen. Animasi dua dimensi dapat digunakan sebagai media hiburan, iklan, media pembelajaran dan video layanan masyarakat. Tujuan pembuatan animasi 2D dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada agar aktivitas membuat animasi memiliki arah yang jelas. Perangkat lunak opensource umumnya dapat di gunakan oleh pengguna komputer secara gratis sehingga dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan. Upayakan memilih perangkat lunak yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi agar Anda tidak perlu berganti perangkat lunak aplikasi ketika ingin mengganti sistem operasi yang digunakan.