09 Juli 2019

Content Management Systems Memudahkan Pengembang Melakukan Instalasi Dan Konfigurasi MediaWiki

Banyak komunitas virtual menggunakan aplikasi wiki untuk mengekspresikan kreasi, berbagi, menyebarkan dan mengumpulkan pengetahuan. Media berbagi pengetahuan tidak harus berupa e-learning atau repositori bahan pembelajaran yang dapat di akses secara Online menggunakan komputer. Penerapan aplikasi Knowledge Management dapat berupa blog, forum diskusi dan wiki. Manfaat yang dapat diperoleh ketika menerapkan Knowledge Management antara lain: meningkatkan kolaborasi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan dan mendorong inovasi, dan mengatasi membludak nya informasi. Wiki merupakan salah satu penerapan teori Knowledge Management yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan oleh komunitas, individu dan organisasi. Salah memilih aplikasi akan mengakibatkan berkurangnya efektivitas aktivitas berbagi pengetahuan yang menjadi tujuan awal. Dengan mengetahui aplikasi yang tepat Anda dapat melakukan aktivitas yang menjadi tujuan utama dengan efektif sehingga hasil yang diperoleh dapat memuaskan. Aplikasi wiki berbasis Content Management Systems (CMS) seperti MediaWiki akan mempermudah komunitas dan organisasi melakukan aktivitas berbagi pengetahuan untuk sesama anggota dan pihak luar.

Perangkat lunak wiki-engine MediaWiki digunakan oleh individu, perusahaan dan organisasi untuk mengumpulkan dan mengelola pengetahuan sehingga dapat di akses oleh orang lain. MediaWiki merupakan perangkat lunak opensource wiki-engine yang dikembangkan untuk Wikipedia pada tahun 2002, kemudian pada tahun 2003 perangkat lunak tersebut diberi nama dengan MediaWiki. Institusi terkenal yang menggunakan MediaWiki antara lain: Novell, Intel, United States Intelligence Community, United States Department of State dan Free Software Fondation. MediaWiki dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan semua content di simpan dalam sebuah basis data yang telah di optimal-kan agar dapat menangani proyek besar secara efisien sehingga dapat menangani data berukuran Terabyte dan ratusan ribu hits per detik. Ekstensi yang tersedia memperkaya MediaWiki menjadi perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, contohnya kepentingan akademik, ensiklopedia dan dokumentasi penelitian. MediaWiki adalah perangkat lunak opensource yang dapat digunakan oleh siapa saja dan saat ini dipercaya institusi besar dan kecil untuk menangani kebutuhan dokumentasi wiki. 

Aktivitas berbagi pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai teknologi modern yang ada seperti blog, forum diskusi dan wiki. MediaWiki merupakan salah satu perangkat lunak opensource milik yayasan Wikimedia Fondation yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengelola dan berbagi pengetahuan sehingga dapat di akses orang lain. Pengguna dapat membuat halaman website menarik tanpa harus mempelajari tentang bahasa pemrograman yang rumit karena MediaWiki menggunakan Content Management Systems (CMS). CMS saat ini sudah lazim digunakan oleh orang awam maupun ahli untuk melakukan aktivitas membuat, mengelola dan publikasi isi website. Contoh perangkat lunak CMS yang populer di masyarakat antara lain drupal, joomla, wordpress, opencart dan blogger. Selain untuk wiki CMS juga banyak digunakan untuk membuat website perusahaan, galeri foto, aplikasi e-commerce, blog, dan e-learning.

Para pengembang MediaWiki dari seluruh dunia yang mayoritas berasal dari benua Amerika dan Eropa selalu menyelenggarakan pertemuan rutin minimal setahun sekali. MediaWiki merupakan perangkat lunak server dengan lisensi GNU General Public License yang dirancang untuk dijalankan pada server website besar dengan jutaan hits per hari. Namun Anda dapat mencoba menggunakannya pada komputer pribadi dengan tampilan yang sama seperti ketika menerapkan aplikasi tersebut pada komputer server. MediaWiki dapat di coba pada komputer dengan sistem operasi Unix, Linux, Windows dan MacOS sehingga mayoritas pengguna komputer tidak perlu mengganti sistem operasi saat ingin mencobanya. Untuk Mencobanya dapat dilakukan dengan mengunduh berkas perangkat lunak tersebut dari https://www.mediawiki.org dan melakukan instalasi sekaligus konfigurasi sesuai petunjuk yang ada. Ekstensi yang ada dapat digunakan untuk melengkapi fungsi tambahan pada website yang ingin dibuat sekaligus menutupi kekurangan yang menghambat pengguna menggunakan perangkat lunak MediaWiki.

Sejak MediaWiki versi 1.7 pengguna tidak dapat menggunakan PHP 4 dan minimal harus menggunakan PHP 5 agar dapat mencoba dan menggunakan perangkat lunak MediaWiki. Jika ingin menggunakan MediaWiki 1.19 atau yang lebih baru pengguna harus menggunakan basis data MySQL/MariaDB 5 atau yang lebih baru. PHP dan MySQL dapat di instalasi pada komputer secara mandiri atau dengan memasang perangkat lunak yang dilengkapi dengan PHP seperti XAMP, WAMP, LAMP, LEMP, MAMP, AMPPS dan EasyPHP. Paket-paket perangkat lunak tersebut sudah dilengkapi dengan basis data yang langsung siap digunakan tanpa harus melakukan instalasi tambahan. Pengguna harus teliti memilih perangkat lunak yang ada karena tidak semua perangkat lunak dapat di gunakan pada semua sistem operasi, contohnya LEMP hanya dapat digunakan pada sistem operasi Linux. Jika ingin melakukan modifikasi pada sekrip yang ada maka Anda harus menguasai bahasa pemrograman PHP terlebih dahulu. 

MediaWiki memiliki lebih dari sepuluh kategori ekstensi yang dapat digunakan oleh pengguna dan pengembang untuk melengkapi website yang dibuat. Tanpa menambahkan ekstensi yang ada website yang dibuat dapat di operasi-kan dan di akses oleh pengguna untuk dimanfaatkan sebagai alat berbagi pengetahuan. Searchbox, Popup, PageImage dan TextExtracts adalah beberapa contoh ekstensi yang akan memperindah sekaligus melengkapi website wiki yang Anda buat. Ekstensi-ekstensi tersebut harus ditambahkan dan di konfigurasi secara terpisah setelah berhasil melakukan instalasi perangkat lunak MediaWiki yang diperoleh dari https://www.mediawiki.org. Sejak MediaWiki 1.16 perangkat lunak tersebut dilengkapi dengan Plug-in jQuery yang dikembangkan untuk memudahkan pengembang aplikasi web. Daftar ekstensi sekaligus deskripsi tentang ekstensi-ekstensi yang disediakan sebagai pelengkap MediaWiki dapat di akses melalui situs tersebut. 

MediaWiki merupakan salah satu perangkat lunak opensource yang dapat digunakan sebagai media berbagi pengetahuan oleh siapa saja pada komputer berbasis Windows, Linux, Unix dan MacOS. Perangkat lunak yang mendukung aktivitas berbagi pengetahuan sesuai teori Knowledge Management selain wiki antara lain adalah blog, forum diskusi dan Document Sharing. MediaWiki digunakan oleh individu, perusahaan, organisasi institusi pemerintah dan swasta sebagai media untuk publikasi pengetahuan agar dapat di akses melalui komputer. Perangkat lunak tersebut dapat diterapkan pada jaringan Internet atau Intranet. Gunakan perangkat lunak PHP dan MySQL yang sesuai dengan komputer yang dimiliki agar dapat langsung melakukan eksperimen dengan MediaWiki tanpa mengubah dan menambahkan perangkat keras yang ada. Perangkat lunak untuk PHP dan MySQL yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi antara lain adalah XAMPP, AMPPS dan Abyss Web Server.