12 Juli 2019

Ethernet Menjadikan Komputer Dan Peralatan Jaringan Dapat Melakukan Komunikasi Data

Media untuk menghubungkan peralatan komputer dan peralatan jaringan adalah salah satu unsur yang harus diperhatikan untuk menghubungkan peralatan komputer ke sebuah jaringan atau membuat jaringan komputer. Beberapa alasan yang menjadikan pengguna komputer memilih Ethernet adalah karena ter-jangkau, memiliki bandwith lebar, memiliki bitrate cepat dan mudah di konfigurasi. Ethernet bukanlah satu-satunya media yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan LAN/WAN. Contoh teknologi untuk melakukan komunikasi data adalah Token Ring, FDDI dan Apple Talk. Jenis saluran yang digunakan sebagai infrastruktur komunikasi data dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu terestrial dan satelit. Salah memilih jenis saluran atau media yang digunakan untuk melakukan komunikasi data menyebabkan kerugian bagi pengguna. Pemilihan media yang tepat menyebabkan pemanfaatan jaringan komputer menjadi lebih optimal. Dengan mengikuti standar pemasangan, pengelolaan dan peralatan yang ada memperkecil kemungkinan kegagalan rencana sekaligus memperbesar kemungkinan tercapai tujuan awal membuat jaringan komputer. 

Pada tahun 1972 Rober Metcalfe mulai merintis penelitian tentang Ethernet dan di publikasi pada tahun 1973, sepuluh tahun kemudian IEEE menerbitkan standar Ethernet IEEE 802.3 pada tahun 1983. Ethernet adalah jenis skenario pemasangan kabel dan proses sinyal data yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan LAN/WAN. Hal yang membedakan antara LAN dan WAN ialah pada cakupan area geografis, jika LAN merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang kecil maka WAN adalah Jaringan komputer yang menghubungkan peralatan jaringan pada lokasi antar negara bahkan antar benua. Pengguna komputer menggunakan Ethernet untuk menghubungkan komputernya dengan peralatan jaringan seperti Hub, Switch, Router dan Modem. Media komunikasi Ethernet mengalami perkembangan berarti sejak adanya Original Ethernet menjadi Fast Ethernet kemudian berkembang lagi menjadi Gigabit Ethernet. Faktor yang membedakan pada evolusi media komunikasi tersebut ada pada bahan dasar pembuatan, panjang maksimal dan kecepatan transfer data maksimum. 

Ethernet merupakan salah satu standar yang digunakan secara luas dalam jaringan komputer dan komunikasi data. Istilah Ethernet mengacu pada teknologi yang memungkinkan perangkat terhubung dengan jaringan melalui sebuah kabel data untuk melakukan komunikasi dengan satu sama lain sehingga perangkat yang terhubung dapat membentuk jaringan dan melakukan pertukaran paket data. Media yang digunakan pada Ethernet berupa kabel coaxial, kabel UTP dan kabel serat optik, sedangkan protokol yang digunakan dalam proses pengiriman dan penerimaan data bernama Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD). Penggunaan CSMA/CD memiliki tujuan agar dapat menangani paket terbuang, hilang dan rusak dengan baik. Ethernet merupakan cara yang umum untuk menghubungkan komputer dengan peralatan jaringan seperti Switch, Router dan Printer. Sayangnya hingga saat ini panjang kabel sangat memengaruhi kualitas transmisi data sehingga semakin panjang kabel yang digunakan menjadikan kualitas transmisi data menurun drastis. 

LAN dan WAN secara sekilas memiliki kesamaan teknologi dan yang membedakan hanya pada luas cakupan area jaringan komputer yang terbentuk. Dilihat dari peralatan yang digunakan keduanya memiliki perbedaan berarti, terutama pada peralatan jaringan dan jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat. Pengguna dapat menggunakan kabel UTP untuk menghubungkan komputer ke jaringan LAN yang dimiliki tanpa harus memikirkan batasan jarak maksimal kabel tersebut karena perangkat pada LAN dipisahkan jarak yang tidak terlalu jauh. Jauhnya jarak antar perangkat pada jaringan WAN membuat pengguna jaringan harus memilih media transmisi yang tepat agar proses transmisi data dapat berlangsung dengan baik. Jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan jarak yang jauh ialah kabel serat optik sesuai standar 10GBASE-T yang dikeluarkan IEEE pada tahun 2006. Upayakan untuk menggunakan peralatan yang ter-jangkau sekaligus umum digunakan agar Anda dapat langsung memanfaatkan jaringan komputer yang ada tanpa menimbulkan permasalahan teknis. 

Untuk menghubungkan dua komputer atau menghubungkan komputer ke peralatan jaringan seperti Switch, Hub dan Router diperlukan kabel UTP, sepasang konektor RJ-45 dan Crimping Tool. Konektor RJ-45 dipasang pada kabel UTP menggunakan Crimping Tool agar kabel tersebut dapat di pasang pada port Ethernet pada komputer atau peralatan jaringan yang dimiliki. Kabel UTP yang dijual di pasaran tersusun dari delapan kabel tunggal dengan warna yang berbeda, yaitu putih-biru, biru, putih-oranye, oranye, putih-hijau, hijau, putih-coklat, coklat. Konektor RJ-45 tersusun dari tiga bagian utama, yaitu Contact, Insulator dan Shell. Konektor tersebut memiliki pin yang terbuat dari tembaga berjumlah delapan yang berfungsi untuk menghubungkan kabel dengan port Ethernet pada peralatan jaringan. Ada dua jenis cara untuk memasang kabel UTP pada konektor RJ-45, yaitu straight-over dan cross-over. Straight berfungsi untuk menghubungkan dua peralatan jaringan yang berbeda seperti komputer--switch, switch--router dan computer--modem DSL. Sedangkan kabel cross berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang sama contohnya komputer--komputer, switch--switch dan router--router. 

Ethernet terus tumbuh dan dapat dikelompokkan menjadi empat generasi yaitu Ethernet, Fast Ethernet, Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet. Perbedaan yang berarti pada setiap generasi ialah pada kecepatan maksimum yang dapat dilalui media tersebut (data rate) dan panjang kabel maksimum. Untuk menghubungkan komputer kantor atau rumah ke sebuah jaringan umumnya menggunakan jenis kabel Fast Ethernet yang memiliki data rate hingga 100 Mbps dengan panjang kabel maksimal seratus meter. Setelah berhasil memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 Anda dapat menguji baik atau buruk pemasangan kabel tersebut menggunakan alat yang bernama LAN Tester. Fast Ethernet tergolong mudah diperoleh karena harganya murah, tempat untuk membelinya tidak harus melalui toko khusus dan instalasi-nya mudah. Untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 dibutuhkan alat bantu crimping tool atau tang krimping dengan susunan kabel sesuai standar straight-over atau cross-over yaitu EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B. 

Ethernet dapat digunakan untuk menghubungkan komputer atau peralatan jaringan ke sebuah jaringan sehingga peralatan tersebut dapat melakukan komunikasi data dengan peralatan yang lain. Kabel Ethernet jenis coaxial dan serat optik jarang digunakan oleh masyarakat umum karena tidak sembarang toko menjual kabel jenis tersebut. Perkembangan Ethernet selama empat generasi sejak pertama kali ditemukan ialah Original Ethernet, Fast Ethernet, Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet. Jenis kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan sekaligus mudah diperoleh masyarakat umum jika dibandingkan dengan kabel serat optik atau coaxial. Dengan menghafal urutan warna kabel UTP sesuai standar EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B akan memudahkan Anda melakukan instalasi kabel UTP pada konektor RJ-45. Jika Anda adalah seorang teknisi jaringan komputer maka LAN Tester dan Cimping Tool merupakan peralatan yang sebaiknya dimiliki untuk memperlancar tugas-tugas pekerjaan.