30 Desember 2018

Roadmap yang Digunakan Profesional dan Manajer Untuk Merencanakan Strategi Aktivitas

Pembuatan Roadmap memiliki tiga tujuan utama yaitu membantu mencapai konsensus tentang satu set kebutuhan dan teknologi untuk suatu tujuan, kedua memberikan mekanisme untuk melakukan prediksi perkembangan teknologi, terakhir memberikan sebuah kerangka yang membantu rencana dan koordinat perkembangan teknologi. Sebagian besar orang masih menganggap bahwa roadmap merupakan sebuah jaminan. Roadmap bukanlah jaminan tetapi rencana tingkat tinggi yang menggambarkan pertumbuhan produk berdasarkan apa yang Anda ketahui saat ini. Roadmap bukanlah rencana yang dapat dibuat dengan cepat. Roadmap merupakan gambaran dari langkah-langkah dari suatu aktivitas yang dilakukan dalam menyelesaikan aktivitas. Tanpa memahami kegunaan roadmap Anda tidak akan dapat mengetahui maksud yang terdapat dalam roadmap tersebut. Dengan mengetahui fungsi dan cara menggunakan roadmap, Anda dapat mengomunikasikan rencana dengan tim ataupun konsumen. Proses membuat roadmap teknologi dilakukan dengan tiga tahap yaitu aktivitas awal, pengembangan roadmap dan aktivitas tindak lanjut.

Roadmap merupakan alat yang berguna untuk mengelola pencapaian dan mengomunikasikan rencana dan sumber daya dengan tim lain. Roadmap adalah gambaran grafis yang berisi tujuan dan deliverable yang disajikan pada timeline. Roadmap teknologi adalah teknik perencanaan untuk mendukung perencanaan strategis dan jangka panjang, dengan mencocokkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dengan suatu solusi teknologi tertentu. Roadmap proses membantu Anda mencapai tujuan tertentu seperti mengelola proyek kelompok atau menyelesaikan masalah yang memerlukan masukan dari berbagai pihak. Secara umum roadmap berfungsi untuk membuat rencana pekerjaan, memonitor perkembangan proyek, koordinasi kegiatan dan menkolaborasikan tim. Roadmap memungkinkan pembuatnya untuk membuat rencana lebih matang sekaligus menjadikan orang lain dapat mengetahui isi rencana yang Anda buat.

Roadmap adalah rencana atau panduan untuk menunjukkan bagaimana sesuatu diatur atau dapat dicapai. Roadmap adalah sebuah rencana strategis yang mendefinisikan suatu tujuan atau hasil yang ingin dicapai, termasuk langkah-langkah utama atau tonggak yang dibutuhkan untuk mencapainya. Roadmap memiliki tiga fungsi utama yaitu untuk memfasilitasi diskusi dengan kepemimpinan, meningkatkan perencanaan proyek dan sumber daya, memahami kebutuhan aktivitas yang dilakukan. Roadmap yang baik memuat tentang strategi, daftar prioritas perbaikan, estimasi biaya & waktu setiap proyek, dan pemilik atau penanggung jawab proyek. Roadmap produk merupakan ringkasan yang menggambarkan tentang visi dan arah produk Anda. Roadmap teknologi biasanya menguraikan kapan, mengapa dan apa solusi teknologi yang tepat untuk membantu organisasi bergerak maju sekaligus menghindari kesalahan yang mengakibatkan biaya meningkat.

Roadmap teknologi membantu Anda bergerak maju dengan penuh keyakinan dan tujuan sekaligus menghindari kesalahan pembiayaan. Hal tersebut membantu Anda menyelaraskan proyek Anda dengan prioritas strategis, rencana jangka panjang, dan mendefinisikan kebutuhan & prioritas sebelum membuat investasi. Roadmap teknologi biasanya mahal, memakan waktu lama, berisiko tinggi dan dapat sangat mengganggu operasional harian perusahaan. Walaupun memiliki tantangan tersebut, perusahaan yang telah berinvestasi dalam teknologi digital mengalami peningkatan produktivitas, biaya operasional menurun dan kualitas produk meningkat. Berikut adalah enam langkah untuk membangun roadmap teknologi yaitu pertama mengidentifikasi tujuan strategis, kedua membuat rencana ke-depan, ketiga menentukan kebutuhan fungsional dan prioritas, keempat menghitung biaya, kelima membuat jadwal yang realistis, keenam menunjuk Komite kegiatan.

Dalam membuat roadmap setiap tahapan berisi banyak sub- tahapan yang harus diselesaikan. Tahap pertama berisi tiga sub- tahap, tahap kedua terdiri dari tujuh sub- tahap, dan tahap ketiga terdiri dari dua sub- tahap. Tahap pertama terdiri dari tiga langkah yaitu memenuhi persyaratan, mencari kepemimpinan / sponsor, dan menetapkan ruang lingkup dan batas-batas roadmap teknologi. Tahap kedua berisi tujuh tahap yaitu pertama melakukan identifikasi produk, identifikasi sistem kritis dan target, ketiga menentukan area utama teknologi, keempat menentukan driver teknologi beserta target-nya, kelima mengidentifikasi teknologi alternatif dan jadwal, keenam memberikan rekomendasi teknologi alternatif dan ketujuh membuat laporan. Tahap terakhir atau tindak lanjut kegiatan berisi pendekatan fast-start roadmapping dan konteks pengembangan perencanaan dan bisnis. Membuat roadmap teknologi memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus, selain itu Anda juga harus tahu tujuan dari teknologi roadmap.

Perangkat lunak roadmap digunakan untuk membuat rencana, memonitor kemajuan, mengoordinasi aktivitas dan menkolaborasikan tim. Perangkat lunak digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan memodifikasi aktivitas yang akan dilakukan. Dengan perangkat lunak roadmap membantu Anda mendapatkan wawasan baru dan mendapatkan manfaat tambahan dari proyek-proyek yang sedang dikerjakan. Ada banyak perangkat lunak dengan berbagai macam set fitur yang berbeda. Ketika memilih perangkat lunak yang tepat, hati-hati dalam meninjau fungsionalitas, fitur tambahan dan integrasi agar terhindar dari pekerjaan ganda saat menggunakan perangkat lunak tersebut. Contoh perangkat lunak yang dapat digunakan antara lain Roadmunk, Roadmap Planner, Hello Focus, ProdPad, ClickUp, Casual dan Product Plan.

Roadmap merupakan alat bantu manusia untuk membuat rencana aktivitas agar hasilnya dapat lebih maksimal. Dengan roadmap rencana aktivitas dapat lebih terarah dan perkembangannya dapat di monitor dengan baik. Jenis roadmap yang sering digunakan antara lain adalah roadmap proses, roadmap teknologi dan roadmap produk. Dengan membuat roadmap aktivitas biaya dapat diperhitungkan sekaligus meminimalkan pengeluaran biaya untuk aktivitas tidak berguna. Jenis roadmap yang dibuat sebaiknya menyesuaikan dengan jenis aktivitas yang dilakukan. Penggunaan perangkat lunak yang tepat juga membuat Anda lebih mudah dalam menyelesaikan tugas anda saat membuat roadmap.