23 Juni 2019

Analisis Bisnis Perusahaan Menggunakan Business Intelligence Yang Dilakukan Profesional TI

Analisis bisnis merupakan salah satu cara untuk menjadikan perusahaan menjadi lebih efektif, efisien dan menguntungkan. Alat dan Strategi bisnis merupakan faktor penting untuk diperhatikan agar bisnis perusahaan dapat di rencana dan terlaksana dengan baik. Pelaku bisnis sering enggan mencari hal-hal yang menjadikan perusahaan menjadi lebih efektif dan dapat beroperasi stabil. Peningkatan kinerja perusahaan dapat terlaksana dengan baik jika anggota perusahaan memiliki kemauan untuk melakukan peningkatan kualitas atau menerapkan strategi yang tepat. Dalam Business Intelligence terdapat konsep dan metode untuk meningkatkan efektivitas pembuatan keputusan bisnis dengan menggunakan sistem bantu yang dibuat berdasarkan fakta. Tanpa memiliki strategi yang jelas perusahaan akan menjadi kehilangan arah dan tujuan. Dengan adanya strategi, metode dan alat yang tepat untuk menjalankan bisnis perusahaan menjadi menguntungkan karyawan sekaligus pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan tersebut. Perusahaan dapat menggunakan Business Intelligence untuk memahami, meningkatkan kinerja, penganggaran biaya dan identifikasi peluang bisnis baru di perusahaan.

Istilah Business Intelligence awalnya ditemukan oleh Richar Millar Devens dalam buku berjudul Cyclopedia of Commercial and Business Anecdotes pada tahun 1865. Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk melakukan transformasi data menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Business Intelligence dapat digunakan untuk mendukung sebagian besar keputusan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu contoh perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan IBM adalah BIRT yang berasal dari pengembangan proyek eclipse yang telah dimulai sejak tahun 2004. Pada lembaga bisnis Business Intelligence dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja melalui pemilihan strategi bisnis yang tepat sedangkan pada lembaga pemerintah Business Intelligence digunakan untuk meningkatkan kinerja melalui peningkatan efisiensi pelaksanaan pekerjaan sehingga tercipta perbaikan layanan masyarakat sekaligus pengelolaan anggaran yang tepat. Dengan mempelajari Business Intelligence Anda akan lebih mengetahui tentang peralatan, strategi dan metode yang dapat menjadikan perusahaan beroperasi dengan baik.

Dengan memiliki alat dan strategi yang tepat perusahaan Anda akan efektif dan menguntungkan seluruh anggota perusahaan sekaligus pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan. Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk melakukan transformasi data menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Pada tahun 1989 Howard Dresner mengajukan "Business Intelligence" sebagai istilah umum untuk menjelaskan konsep dan metode untuk memperoleh pembuatan keputusan bisnis dengan menggunakan sistem bantu yang dibuat berdasar fakta. Business Intelligence atau BI memainkan peran kunci dalam perencanaan strategis perusahaan serta digunakan untuk berbagai tujuan seperti mengukur kemajuan performa bisnis, analisis kuantitatif, laporan, berbagi data dan identifikasi pelanggan. BI dapat diterapkan pada industri perbankan, retail dan teknologi agar kualitas pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dapat optimal. Perusahaan Lowe's menggunakan BI untuk mengoptimalkan efisiensi rantai suplai dan mengurangi tingkat pengembalian palsu, Starbucks menggunakan teknologi BI mirip dengan sistem Customer Relationship Management atau CRM untuk meningkatkan jumlah penjualan, sedangkan perusahaan Amazon menggunakan teknologi BI untuk melakukan personalitas rekomendasi produk, memasarkan produk dan logistik.

Salah satu alasan terpenting menggunakan sistem Business Intelligence ialah karena sistem tersebut dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas dan berbagi informasi dengan berbagai bagian di perusahaan. Business Intelligence membantu Anda membuat laporan yang akurat dengan mang-ekstrak data secara langsung dari sumbernya. Dengan menggunakan alat dan strategi BI perusahaan akan memperoleh respons positif dari konsumen, proses bisnis menjadi lebih efisien dan terjadi persaingan yang sehat antara perusahaan dan saingan-nya. Dengan begitu perusahaan dapat berkembang, laba meningkat dan karyawan merasa nyaman ketika bekerja di dalam lingkungan perusahaan. Agar dapat memperoleh manfaat dari sistem BI sebaiknya posisi-kan orang yang tepat untuk mengelola sistem tersebut sekaligus jaga agar karyawan memperoleh pelatihan dan perangkat lunak yang tepat. Perangkat lunak opensource yang dapat diperoleh secara bebas, beraneka ragam dan gratis akan membuat Anda memiliki waktu lebih lama untuk membiasakan diri dengan alat bantu yang tepat sehingga nyaman untuk digunakan.

Kompleks-nya alat dan data yang digunakan untuk melakukan analisis menjadikan BI sulit untuk dikuasai oleh orang yang ingin menggunakan. Bahasa yang digunakan dalam dokumentasi tertulis literatur BI yang tidak sesuai dengan bahasa sehari-hari pengguna menjadikannya lebih sulit untuk dipahami. Perangkat lunak BI seperti SAP, BIRT atau Power BI memiliki banyak menu dan fungsi yang membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Penjelasan tentang cara menggunakannya tersedia dalam paket perangkat lunak tersebut namun terbatas hanya pada beberapa bahasa saja. Lamanya waktu untuk menguasai peralatan BI menjadikan waktu tunggu untuk dapat menuai manfaat yang diperoleh dengan menerapkan BI menjadi lebih lama. Keterbatasan bahasa yang digunakan pada penjelasan dan literatur lainnya menuntut Anda harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar dapat memahaminya dengan baik.

Pemilihan strategi dan alat merupakan salah satu faktor utama agar perusahaan dapat berkembang optimal sehingga memperoleh konsumen dan keuntungan yang memuaskan. Perangkat lunak BI menghasilkan aktualisasi data untuk dijadikan dasar pertimbangan agar arah perusahaan menjadi lebih baik dan terus berkembang. Pemilihan strategi dan alat yang tepat menjadikan perusahaan dapat mencapai target, lebih stabil dan karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Gunakan perangkat lunak BI yang sesuai dengan kebutuhan dan bidang perusahaan Anda agar pengguna dapat memahami fungsi perangkat lunak tersebut dengan baik. Perusahaan retail seperti Tesco telah berhasil menerapkan BI yang pada akhirnya menjadikan perusahaan tersebut terus tumbuh dan menjadi perusahaan ternama. Jika dihitung perangkat lunak BI berjumlah lebih dari lima belas macam sehingga pengguna dapat leluasa memilih jenis dan merek perangkat lunak yang sesuai.

BI berisi sekumpulan proses, arsitektur, metodologi dan teknologi untuk mengubah data menjadi informasi berguna yang berdampak pada aktivitas bisnis yang menguntungkan. Peralatan BI memiliki tugas untuk melakukan analisis data, membuat laporan, ringkasan, dasbor, peta dan grafik untuk memberikan informasi secara rinci kepada pengguna tentang kondisi bisnis yang sedang dijalankan. Di lingkungan Teknologi Informasi Business Intelligence dapat diartikan sebagai serangkaian perangkat lunak dan layanan yang dapat digunakan untuk mengubah data menjadi informasi berguna yang dapat ditindak-lanjut. BI dapat diterapkan secara mandiri atau bersamaan dengan teknologi e-business lainnya seperti Big Data, CRM dan ERP. Beberapa tren BI yang akan memiliki banyak manfaat untuk diperhatikan antara lain Artificial Intelligence, Collaborative BI, Embedded BI dan Cloud Analytics. Pilih perangkat lunak BI yang sesuai sekaligus mendapat penilaian baik dari pengguna lain karena dengan begitu kemungkinan besar perangkat lunak tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan memuaskan.