20 Juni 2019

Perangkat Lunak DBMS Adminer Digunakan Untuk Mengolah Basis Data Komputer

DBMS atau Data Base Management Systems merupakan perangkat lunak untuk mengolah basis data komputer agar lebih praktis dan mudah. Dengan DBMS pengguna dapat mengakses basis data melalui web browser. Sampai saat ini banyak yang masih beranggapan bahwa sebuah basis data komputer harus disimpan pada satu buah komputer. Basis data komputer tidak selalu harus disimpan dalam sebuah komputer tersendiri. Database terdistribusi adalah basis data yang diatur oleh DBMS yang tersimpan pada beberapa komputer di beberapa lokasi berbeda yang terhubung melalui sebuah jaringan komputer. Tanpa DBMS aktivitas mengolah data akan lebih rumit sehingga akan melelahkan dan boros waktu. Dengan adanya basis data terdistribusi tersebut pengguna dapat mengakses basis data yang dimiliki sekaligus basis data yang disimpan pada komputer yang berbeda. Dengan DBMS pengguna menjadi lebih mudah dan praktis sehingga kinerjanya dalam mengolah basis data menjadi lebih efektif dan efisien.

Adminer adalah sebuah alat pengolah basis data yang ditulis dalam bahasa PHP oleh Jacub Vrana dan keluar pertama kali pada 25 Juli 2007. DBMS merupakan sistem yang membantu pengguna komputer mengolah basis data agar lebih mudah dan praktis. Adminer banyak digunakan sebagai alternatif pengganti perangkat lunak DBMS PhpMyAdmin untuk mengolah data MySQL. Perangkat lunak tersebut memiliki fitur dasar seperti create, read, update , delete yang dapat mendukung berbagai bahasa pengguna seperti bahasa Inggris, Cina, dan Indonesia. Selain berukuran kecil Adminer juga ringan saat digunakan pada komputer sehingga beban komputer tidak terlalu berat ketika pengguna mengolah basis data menggunakan perangkat lunak tersebut. Adminer adalah salah satu perangkat lunak untuk mengolah basis data yang ringan dan praktis sehingga Anda tidak perlu membeli komputer dengan spesifikasi tinggi untuk menggunakannya.

Adminer merupakan sebuah alat untuk mengolah data MySQL, MS SQL, SQLite, Oracle dan PostgreSQL. DBMS memberikan fasilitas kepada pengguna komputer untuk menyimpan, membuat, dan mengubah data di dalam basis data. Anda dapat membuat, membaca, mengubah atau menghapus kolom, tabel dan data yang ada di dalam sebuah basis data. Basis data tersebut dapat disimpan atau di ekspor ke dalam format bulk sehingga dapat dipindahkan ke media penyimpanan lain seperti flashdisk, laptop atau hardisk eksternal. Ketika menggunakan perangkat lunak tersebut pengguna diminta mengetik-kan username dan password yang sebelumnya sudah di atur untuk menjaga kerahasiaan data pengguna. Setelah berhasil login pengguna dapat dengan leluasa menggunakan fungsi dasar DBMS atau mengolah data milik sendiri atau milik orang lain yang terhubung melalui jaringan komputer.

Perangkat lunak tandingan Adminer bukan hanya PhpMyAdmin namun masih ada lagi yang lain seperti SQL Buddy. SQL Buddy merupakan salah satu DBMS berbasis web yang sudah tidak lagi dikembangkan. Banyak pengguna yang merasa puas dengan SQL Buddy karena mudah, praktis dan memiliki tampilan yang menarik. SQL Buddy adalah perangkat lunak pengolah basis data opensource yang ringan, instalasi-nya mudah dan dapat diperoleh hanya dengan mengunduh-nya melalui www.sqlbuddy.com. Jika sudah terlanjur menggunakan SQL Buddy untuk menggantikan PhpMyAdmin, Adminer merupakan solusi tepat untuk menggantikan SQL Buddy yang sudah tidak dikembangkan lagi. File instalasi dan penjelasan tentang perangkat lunak Adminer dapat di akses melalui website www.adminer.org.

Keamanan atau Security yang tidak terjaga membuat perangkat lunak menjadi tidak dapat stabil dan digunakan sesuai harapan. Metode melakukan akses ke basis data Adminer melalui jalur umum membuat basis data tersebut lebih rentan terhadap serangan dari sisi luar. Keamanan merupakan salah satu prioritas utama mengembangkan Adminer dalam rangka upaya agar perangkat lunak tersebut dapat digunakan sesuai tujuan. Adminer tidak memberikan izin pengguna ke basis data tanpa menggunakan kata sandi untuk melindungi basis data dan koneksi tersebut dari serangan brute-force. Adminer sering memiliki bug keamanan yang dapat mengurangi rasa nyaman pengguna ketika menggunakan perangkat lunak tersebut. Dalam setiap pembaruan versi perangkat lunak tersebut selalu ada perbaikan bug untuk meningkatkan kinerja dan rasa nyaman pengguna.

Pengguna dapat mencoba Adminer pada komputer dengan sistem operasi Windows, Linux dan Macintosh. Adminer dapat bekerja pada basis data MySQL, MariaDB, PostgreSQL, SQLite, MS SQL, Oracle, Firebird, SimpleDB, Elasticsearch dan MongoDB. Prioritas pengembangan Adminer fokus pada keamanan, pengalaman pengguna, performa, kelengkapan fitur dan ukuran. Pengunjung dapat ikut berdiskusi dalam pengembangan perangkat lunak tersebut dengan bergabung dalam forum tersebut dan melakukan registrasi anggota forum. Saat ini forum tersebut terbagi menjadi lima bagian yaitu help, other databases, Translations, Developers dan Open Discussion. Pengunjung dapat juga memberikan donasi uang melalui akun PayPal jakub@vrana.cz.

Adminer adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk membantu pengguna komputer mengolah basis data. Perangkat lunak tersebut dikembangkan oleh tim Jacub Vrana dari Republik Ceko sejak tahun 2007. Perangkat lunak tersebut dapat digunakan untuk basis data MySQL, MariaDB, PostgreeSQL, SQLite, MS SQL, Oracle, Firebird, SimpleDB, Elasticsearch dan MongoDB. Kemudahan penggunaan dan stabilitas perangkat lunak tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk menjadikan Adminer sebagai pengganti PhpMyAdmin. Setelah selesai memasang perangkat lunak tersebut terlebih dahulu atur ulang kata sandi dan bahasa yang digunakan agar memudahkan pengguna di hari-hari selanjutnya. Plug-in yang juga tersedia dalam website Adminer dapat digunakan pengguna untuk mempermudah proses aktivitas mengolah data menggunakan perangkat lunak open source Adminer.