04 Desember 2018

Freeware Komputer Dari Internet Untuk Melengkapi Kebutuhan Software Pada Sistem Operasi Windows

"Bebas" dalam kata "freeware" mengacu pada harga perangkat lunak yang dapat dimiliki dan didistribusikan secara bebas tanpa kode sumber. Pengguna perangkat lunak freeware diberi kebebasan untuk membagikan dan menggandakan software tersebut sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Istilah Freeware diciptakan pada tahun 1982 oleh Andrew Fluegelman ketika ia ingin menjual program komunikasi bernama PC-Talk yang ia ciptakan melalui saluran distribusi non-komersial. Institusi yang mengorganisir software-software freeware diantaranya DoD, FSF dan Creative Commons. Istilah Freeware sering digunakan pada 1980-an dan 1990-an untuk menamai program-program yang dirilis tanpa kode sumber. Perangkat lunak freeware dapat diunduh melalui websites seperti Softpedia, FileHippo.com, QP Download, CNET Download, PortableApps.com, Electronic Arts, dan masih banyak lagi.            
           
Program freeware merupakan perangkat lunak tanpa biaya dan benar-benar dapat digunakan secara gratis, tapi itu tidak berarti bahwa program ini dapat diubah untuk dikembangkan. Setiap orang membutuhkan perangkat lunak perkantoran yang dapat diandalkan. Untuk itu pengembang freeware officesuite mengembangkan berbagai perangkat lunak perkantoran agar dapat dipilih yang paling sesuai dengan pengguna. Perangkat lunak multimedia dapat menjadi hiburan sekaligus perangkat lunak yang bermanfaat. Pengguna dapat memutar musik, mendengar rekaman pidato, melihat video klip, menonton animasi, melihat foto-foto berwarna, atau menonton film di komputer. Software browser membuat pengguna internet dapat melakukan penjelajahan web untuk menampilkan dan melakukann interaksi dengan dokumen dokumen yang disediakan oleh web server. Perangkat lunak antivirus pada awalnya dikembangkan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer. Perangkat lunak antivirus modern dapat melindungi komputer dari: browser helper Object (BHOs) berbahaya, ransomware, keyloggers, backdoors, rootkit, trojan horse, worm, dialer, fraudtools, adware dan spyware. Freeware yang hendak di download dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemapuan komputer agar penggunaan komputer dapat efisien dan maksimal.            
           
Office suite adalah kumpulan perangkat lunak yang dibuat dan dirancang oleh vendor untuk mengerjakan tugas-tugas rutin dalam sebuah organisasi.  Office suite juga dikenal dengan nama office application suite atau office productivity software. Dengan software office tugas rutin kantor dapat menjadi lebih ringan untuk dikerjakan. Setiap aplikasi office suite dapat diinstal secara terpisah maupun secara keseluruhan. Office Suite pertama kali dirilis sebagai aplikasi mobile adalah Palm OS pada tahun 2004 kemudian diikuti oleh Symbian pada tahun 2005. Software office yang banyak digunakan antara lain LibreOffice, Open Affice, Abi Word, WPS, Primo PDF, Adobe Reader, Foxit Reader, Sumatra PDF dan masih banyak lagi. Mendownload software tersebut dari internet dapat dilakukan dengan memasukkan nama software yang diinginkan sebagai kata kunci di mesin pencari google, kemudian mencari situs resmi atau penyedia software pihak ketiga di halaman pencarian yang muncul, terakhir cari dan download software yang diinginkan dari situs tersebut.            
           
Perangkat lunak multimedia adalah software yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan campuran suara, gambar, film, dan teks. Keuntungan menggunakan perangkat lunak multimedia adalah menarik, mudah digunakan, interaktif dan dapat digunakan oleh berbagai pengguna. Software multimedia digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer yang biasanya untuk mendengarkan musik, menonton video atau menampilkan presentasi. Mayoritas sistem operasi dilengkapi dengan berbagai aplikasi multimedia, namun software yang belum ada dapat ditambahkan dengan cara mendownload file installernya kemudian melakukan pemasangan software tersebut sendiri. Software multimedia yang banyak dicari antara lain Haihaisoft, KMPlayer, VLC, Winamp, Radio Master, Audacity, Jet Audio, Audio Recorder, WavePad, Wavosaur, FAE 2009. Mendownload software multimedia dari internet dapat dilakukan dengan memasukkan nama software yang diinginkan sebagai kata kunci di mesin pencari google, kemudian mencari situs resmi atau penyedia software pihak ketiga di halaman pencarian yang muncul, terakhir cari dan download software yang diinginkan dari situs tersebut.            
           
Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengakses informasi di World Wide Web. Bagi pengguna internet browser merupakan alat untuk antar muka ketika terhubung dengan internet. Tim Berness-Lee menciptakan Browser internet pertama dengan nama WorldWideWeb, dikemudian hari nama browser tersebut diubah menjadi Nexus. Browser hasil ciptaan Berness-Lee tersebut masih berbasiskan teks. Pada tahun 1993 Marc Andressen berhasil memperkenalkan Mosaic, browser pertama yang bekerja berbasiskan antar muka grafis. Dikemudian hari nama mosaic berubah menjadi Netscape yang merupakan cikal bakal browser Mozilla firefox. Software-software berikut digemari oleh banyak pengguna internet, yaitu Mozilla Firefox, Opera, New Flock, Safari, Deepnet, Chrome, Avant dan Maxthon. Pemasangan software browser sama seperti software lain. Setelah berhasil mengunduh installer software yang diinginkan klik dua kali pada installer tersebut dan ikuti petunjuk pemasangan software yang muncul di layar komputer.  Berikut adalah beberapa fitur untuk dipertimbangkan ketika memilih browser, yaitu fitur keamanan, favorit dan Bookmarking dan tab.            
           
Antivirus adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus dari sistem komputer.  Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi sebuah virus atau tidak. Ada banyak klaim untuk inovator produk antivirus pertama. Dokumentasi publik tentang penghapusan virus komputer pertama kali dilakukan oleh Bernd Fix pada tahun 1987. Pada tahun 1987 Andreas Lüning dan Kai Figge merilis produk antivirus pertama mereka untuk platform Atari ST. Program antivirus berikut sering digunakan oleh pengguna komputer di Indonesia, antara lain Super Anti Spyware, Spyware Terminator, Avast, Avira, AVG, SmadAV, MxOne dan ClamWin. Program antivirus sekarang  telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi berbagai perangkat perusak sekaligus dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

Mencari freeware dari internet dapat dilakukan dengan mengetikan nama atau fungsi freeware yang diinginkan ke dalam mesin pencari seperti google atau bing kemudian mengunduhnya melalui website tersebut. Selain freeware jenis perangkat lunak yang dapat dijumpai antara lain opensource, shareware, publicdomain, copylefted, non-copylefted, GPL, GNU dan Komersial. Keuntungan menggunakan Freeware adalah gratis dan dilindungi oleh hak cipta. Untuk melengkapi software komputer perlu melakukan instalasi mandiri software-software Multimedia, Browser, Office, dan Antivirus agar penggunaan komputer dapat optimal.  Situs untuk mengunduh perangkat lunak freeware untuk Windows paling popular antara lain Softpedia, MajorGeeks, FileHippo, DonationCoder, kru Download, FileHorse, FilePuma dan SnapFiles. Freeware berkwalitas memiliki ciri-ciri High Performance, mudah digunakan,tampilan menarik, handal, up-to-date, mampu berinteraksi dengan aplikasi lain. Dapat berjalan pada berbagai Sistem Operasi.