20 Desember 2018

Adapter USB Hub Memudahkan Pengguna Komputer Memasang Hardware Tambahan

USB-Hub biasanya digunakan untuk memperpanjang soket USB ke atas meja untuk mempermudah menghubungkan periferal tambahan. Sebagian besar komputer yang ada saat ini dilengkapi dengan satu atau dua soket USB. Anda dapat dengan mudah menjalankan perangkat-perangkat USB di pasaran melalui soket USB. Penggunaan USB-Hub untuk berbagai peralatan komputer dapat menurunkan kinerja peralatan tersebut. Membeli USB-Hub yang menggunakan catu daya sendiri dapat menjadi alternatif untuk mengatasi terlalu banyaknya peralatan yang ter-hubung ke komputer sehingga membebani port atau soket USB. Saat semua peralatan yang dimiliki ter-hubung secara bersamaan, Anda dapat lebih mudah dalam mengontrol peralatan tersebut. Solusi mudah untuk mengatasi jumlah soket USB dan jumlah peralatan yang tidak seimbang adalah dengan membeli USB-Hub dengan harga relatif murah.

Hub USB eksternal dapat menggabungkan beberapa perangkat ke dalam satu Hub dengan satu langkah menghubungkan dan melepas perangkat tersebut. USB Hub adalah perangkat yang dapat menambah jangkauan satu port Universal Serial Bus (USB) menjadi beberapa sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke komputer. Jaringan USB dibangun dengan menghubungkan USB Hub hilir ke port USB. USB Hub dapat memperluas jaringan USB maksimum 127 Port. Masing-masing Hub memiliki satu port hulu dan beberapa port hilir. Port hulu menghubungkan Hub ke host. Hub atau perangkat tambahan ditambahkan melalui port hilir. Ada dua jenis USB Hub yang digunakan oleh masyarakat yaitu self-powered dan bus-powered. Melalui soket USB Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat, seperti printer, kamera digital, gamepad, joystick, keyboard dan mouse dan perangkat penyimpanan dengan cepat dan mudah.

USB Hub adalah peralatan yang memiliki sejumlah port USB di-mana semua port berkomunikasi dengan komputer melalui satu port konektor USB yang sama. Semua port Hub dapat aktif secara bersamaan di-mana kecepatan koneksi tiap port merupakan bandwith upstream dibagi dengan jumlah port yang aktif. Port USB Hub dapat langsung aktif dan ter-hubung ke komputer ketika dihubungkan dengan perangkat eksternal tambahan. Melalui USB Hub memungkinkan perangkat USB saling ter-hubung, melakukan transfer data digital dan mendapatkan aliran listrik DC melalui kabel yang ter-hubung ke perangkat. Card reader, keyboard, mouse, kamera digital, MP3 player, HDD eksternal, printer, scanner dan faks adalah contoh peralatan yang dapat ter-hubung ke komputer melalui USB Hub. USB Network Gate adalah contoh aplikasi dari Eltima Software yang memungkinkan Anda untuk berbagi USB Hub dan semua peralatan yang ter-hubung ke USB Hub tersebut melalui jaringan lokal atau Internet.

Ada beberapa perangkat tambahan yang dapat merusak komputer antara lain kipas eksternal USB, speaker portable USB dan USB pendrive. Daya yang digunakan untuk menghidupkan peralatan tersebut tentunya memerlukan suplai daya, dan peralatan tersebut memasok suplai daya melalui soket USB. Sehingga proses kelistrikan di dalam baterai memakan banyak daya sehingga berakibat berkurangnya daya simpan baterai, lebih parah lagi jika arus listrik dari baterai tidak bisa ter-suplai ke komponen inti komputer. Akibatnya baterai cepat habis dan berpotensi menyebabkan komponen utama komputer tidak mendapatkan suplai daya yang sesuai. Maka dari itu usahakan untuk mencari sumber daya listrik lain yang berasal dari luar komputer yang digunakan. Sumber daya tersebut dapat berasal dari baterai, UPS atau listrik PLN.

Masalah lain yang sering muncul ialah saat mengganti USB Hub 4-port menjadi 7-port. Penggantian tersebut mengakibatkan periferal yang sebelumnya ter-hubung tidak dapat terdeteksi oleh komputer. Hal tersebut terjadi karena USB Hub 7-port menggunakan jenis USB 3.0, sedangkan port USB pada komputer jenis USB 2.0. Ketika USB 3.0 dihubungkan ke pin USB 2.0 terdapat dua driver Hub yang berbeda yaitu USB 3.0 dan USB 2.0, sehingga jika root Hub USB 2.0 rusak USB tersebut tidak dapat digunakan. USB Hub lama menggunakan driver USB 2.0 sedangkan yang baru menggunakan jenis USB 3.0 sehingga perbedaan jenis tersebut menyebabkan soket USB yang digunakan untuk menghubungkan peralatan dengan komputer tidak dapat bekerja. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan melepas peralatan yang dihubungkan melalui soket USB kemudian un-install driver soket lama tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

USB Hub yang bagus harus memiliki soket USB 3.0 dan suplai daya sendiri, sehingga menjadikannya reliabel, praktis, ringan dan padat. Hub USB 3.0 relatif lebih mahal dari Hub USB 2.0 dan bermasalah saat dipasang peralatan wireless 2,4 GHz. USB Hub yang bagus memiliki desain yang sesuai dengan penggunaan. Setiap soket harus memiliki jarak yang pas sehingga Anda dapat menghubungkan thumb drive atau card reader dengan leluasa. Indikator LED setiap soket pada Hub dibuat untuk mempermudah pengguna saat mengidentifikasi soket yang bermasalah ketika terjadi kerusakan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa jenis USB Hub yang banyak dipilih ialah USB Hub dengan jumlah soket empat, tujuh, dan sepuluh. Dengan memilih jenis yang tepat membuat Anda lebih mudah dalam memanfaatkan USB Hub yang telah dibeli.

USB Hub adalah perangkat untuk menambah jangkauan port USB sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke komputer. Pilihan memilih USB Hub yang tepat membuat penggunanya lebih mudah menghubungkan peralatan yang dimiliki ke komputer. USB 2.0 memiliki driver berbeda dengan USB 3.0. USB Hub adalah solusi cepat untuk menghubungkan berbagai peralatan ke komputer. Pilih USB Hub yang memiliki sumber catu daya sendiri agar USB Hub tidak mengambil daya dari baterai laptop atau motherboard komputer. Selain itu sesuai-kan juga jenis USB Hub dengan port USB pada peralatan yang ingin dihubungkan.