28 November 2019

LAN Extender Berguna Untuk Memperpanjang Jarak Maksimal Kabel LAN

Ethernet extender atau network extender atau LAN extender adalah perangkat keras yang digunakan untuk memperpanjang jangkauan Ethernet atau segmen jaringan di luar batasan jarak standar. Untuk jenis kabel twisted pair Ethernet panjang yang dianggap panjang kabel standar yaitu 100 meter (328 kaki). Untuk menghubungkan dua buah titik pada lokasi yang dipisahkan dengan jarak kurang dari seratus meter, dapat dilakukan dengan sebuah kabel UTP standar yang dijual di pasaran. Ketika jarak yang memisahkan lebih dari standar umum yang dapat di jangkau oleh kabel UTP, maka dibutuhkan peralatan tambahan agar komunikasi tersebut tetap dapat terjadi. Ethernet extender adalah salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan kabel UTP atau kabel ethernet yang umum digunakan pada jaringan LAN. Dengan adanya perangkat keras tambahan tersebut, dua buah komputer yang awalnya tidak dapat saling tukar menukar data melalui kabel ethernet menjadi bisa melakukan pertukaran data. Harganya yang murah dan minim perawatan menjadikan perangkat keras Ethernet Extender sebagai pilihan utama untuk memperpanjang jangkauan kabel ethernet atau kebel UTP. Sebuah peralatan extender ethernet yang ideal dapat memperpanjang jangkauan kabel UTP tanpa mengurangi batas kecepatan maksimal kabel tersebut.

Kabel CAT-x yang terbuat dari kawat tembaga dapat mendukung jarak hingga 100 meter. Batasan Itu bukanlah suatu masalah ketika digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer di dalam sebuah gedung. Tapi ketika perlu memperluas jangkauan LAN yang melebihi 100 meter, contohnya untuk menghubungkan departemen yang jauh, sebuah bangunan di kampus atau di seberang kota, titik akses WiFi, kamera keamanan IP, atau bahkan stasiun pemantau jarak jauh di lingkungan industri. Secara teori maksimum panjang kabel UTP adalah 100 meter. Karena beberapa kelemahan kabel tersebut, maka jarak maksimum kabel UTP menjadi lebih pendek dari spesifikasi yang semestinya. Dengan menggunakan kabel sepanjang 80 meter dari maksimum 100 meter akan dapat mengurangi gangguan elektromagnetik pada kabel UTP dan kekuatan sinyal yang digunakan untuk transmisi data. Semakin bagus merek yang digunakan, semakin jauh jarak maksimum-nya, contohnya adalah merek dengan kualitas C jarak memiliki jarak maksimum 80 meter, kualitas B memiliki jarak maksimum 85 meter dan kualitas A memiliki jarak maksimum 90 meter. Jarak sinyal bergerak melalui kabel secara langsung memengaruhi sinyal sehingga menjadi melemah. Melemahnya sinyal atau degradasi sinyal tersebut berpengaruh terhadap jarak maksimal perjalanan sinyal dan jenis kabel yang digunakan.

Ethernet Extension Experts (Enable-IT) telah memelopori dan mendominasi industri Ethernet Extender dan PoE Extender sejak tahun 1997. Perusahaan itu telah dominan sebagai merek produsen ethernet extender di seluruh dunia sebagai solusi inovatif dalam bidang komersial, perumahan dan rumah sakit. Enable-IT menyediakan teknologi Ethernet Extension yang sangat sederhana untuk digunakan dan hemat biaya sehingga dapat melebihi harapan pengguna sekaligus memberikan nilai tambah yang bernilai. Merek Enable-IT adalah Solusi Ethernet dan PoE Extension terpercaya, paling populer di dunia karena merupakan satu-satunya produsen di industri jaringan komputer yang merancang dan membuat produk mereka sepenuhnya di AS. Semua saingan-nya lebih fokus pada keuntungan dan tidak memberikan produk-produk berkualitas tinggi sebagaimana yang dilakukan oleh para ahli di Enable-IT. Enable-IT didirikan pada tahun 1982, dan diresmikan pada tahun 1997. Enable-IT telah mengembangkan pengalaman lebih dari 37 tahun dalam praktik jaringan dan konsultasi Internet yang kompleks sehingga berkembang menjadi pakar khusus untuk mengembangkan Teknologi Komunikasi Broadband Ethernet dan kit Ethernet Extender.

Extender Ethernet industri memiliki fungsi yang sama dengan extender Ethernet standar, bedanya desain hard disk extender Ethernet industri dimungkinkan untuk melakukan operasi dalam kondisi lingkungan yang keras yang identik dengan lingkungan industri. Kedua jenis perangkat jaringan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk memperpanjang jangkauan jarak maksimum kabel penghubung atau kabel jaringan yang menjadi media komunikasi data antar komputer. Perangkat keras tersebut dapat dibeli dari toko-toko komputer atau toko Online yang dapat dijumpai dari Internet. Contoh toko online tersebut adalah Amazon, tokopedia atau JakartaNotebook. Extender ethernet merupakan jenis perangkat keras yang jarang dibeli oleh pengguna maupun teknisi komputer. Sehingga toko-toko yang memiliki keterbatasan modal usaha jarang menyediakan ethernet extender. Mungkin karena kemungkinan laku sedikit. Ketika membutuhkan perangkat keras ethernet extender, sebaiknya pembelian dilakukan melalui toko online. Toko-toko online yang ada di Indonesia sudah dapat dimanfaatkan oleh pengunjung web, pengunjung hanya perlu memilih alat yang ingin di beli, melakukan pembayaran, kemudian barang yang dibeli diantarkan oleh penyedia jasa pengiriman barang.

Ethernet extender tidak harus selalu menjadi bagian dari sebuah jaringan komputer. Perangkat keras itu dibutuhkan untuk memperpanjang jangkauan sebuah kabel yang berfungsi sebagai media komunikasi komputer atau perangkat keras jaringan komputer. Ketika jangkauan suatu kabel masih dapat di-jangkau oleh kabel ethernet atau UTP, maka koneksi itu tidak membutuhkan ethernet extender. Sebagai contoh, dua komputer yang dihubungkan dengan kabel UTP dengan panjang 50 meter, karena jarak tersebut masih dalam jangkauan batasan maksimal kabel UTP, maka koneksi kedua komputer itu tidak membutuhkan ethernet extender. Contoh lainnya, dua buah komputer yang dihubungkan dengan kabel UTP dengan panjang 150 meter. Kabel UTP memiliki batasan jangkauan maksimal 330 kaki atau sekitar 90 meter. Maka dari itu koneksi diantara kedua komputer itu membutuhkan ethernet extender agar pertukaran data antar komputer dapat berlangsung. Jika panjang kabel melebihi batasan yang ada, maka kabel itu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagi banyak orang, koneksi Ethernet adalah cara yang lebih disukai untuk terhubung ke Internet, karena bisa lebih diandalkan dan lebih rentan terhadap gangguan daripada koneksi wireless. Koneksi Ethernet pada umumnya memiliki jarak maksimal 330 kaki. Dengan bantuan Ethernet extender jarak tersebut dapat diperpanjang dengan cukup mudah. Extender Ethernet merupakan perangkat plug-and-play yang mudah diatur. Untuk memasangnya cukup lakukan empat tahap langkah berikut. Pertama, hubungkan router atau hub ke sumber listrik, kemudian tunggu sampai router dan lampu sinyal hub menyala. Kedua, hubungkan ujung kabel Ethernet ke port Ethernet pada extender. Ketiga, hubungkan extender ke sumber listrik. Dan terakhir, hubungkan kabel Ethernet extender ke port Ethernet pada router atau hub. Sebelum Anda memasang extender, komputer terhubung ke router atau hub melalui koneksi kabel secara langsung. Setelah dipasang ethernet extender maka diantara router dan komputer ada perangkat baru, yaitu ethernet extender.