28 September 2019

Data Komunikasi Diuraikan Dengan Demultiplexer Agar Dapat Sampai Ke Penerima



Demultiplekser adalah suatu rangkaian yang mendistribusikan satu masukan ke lebih dari satu luaran. Demultiplekser disebut juga data distributor. Pemilihan saluran luaran dilakukan oleh sinyal kontrol. Sinyal kontrol merupakan masukan yang berfungsi untuk mengarahkan setiap sinyal masukan pada saluran luaran yang dipilih. Suatu demultiplekser dengan n sinyal kontrol akan memiliki 2n saluran luaran. Demultiplekser (Demultiplexer atau disingkat Demux) memiliki prinsip kerja kebalikan dari multiplekser. IC 74LS138 merupakan demultiplekser yang digunakan untuk menyalurkan satu data menjadi delapan jalur luaran. Komponen ini mempunyai tiga masukan data yang bisa dipilih salah satu, yaitu (aktif-LOW) serta E3 (aktif-HIGH). Untuk memilih luaran sebagai pintu gerbang keluarnya data, diperlukan tiga buah masukan pemilih, yaitu A, B dan C. Selain itu terdapat delapan luaran aktif-LOW. Sedangkan kaki ke delapan dihubungkan ke GND dan kaki nomor 16 dihubungkan ke +5V. Demux memiliki fungsi mirip dengan decoder. Pengertian Decoder adalah alat yang di gunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga dapat melihat atau menerima informasi aslinya. Perbedaan demultiplexer dengan decoder yaitu pada jumlah masukan. kalau pada decoder jumlah masukan terdiri dari beberapa kabel, sedangkan pada demultiplexer jumlah masukan hanya satu kabel.

Dengan rangkaian Demux maka gabungan sinyal listrik hasil proses multiplexing dapat di pisah-pisahkan lagi menjadi beberapa luaran atau output. Alat ini biasanya menjadi bagian dari rangkaian penerima. Tanpa adanya demux, maka sinyal yang telah di multipleksing dengan mux menjadi tidak dapat di uraikan kembali sehingga informasi yang dikirimkan tidak dapat diterima dengan baik. Mux dan demux merupakan peralatan yang digunakan dalam sistem komunikasi untuk melakukan proses pengiriman data. Demux atau De-multiplexer menerima sinyal output dari multiplexer dan mengubahnya kembali ke bentuk semula. De-multiplexer merupakan perangkat dengan satu jalur masukan dan beberapa jalur keluaran. Perangkat ini digunakan untuk mengirim sinyal ke salah satu dari banyak perangkat. Perbedaan utama antara multiplexer dan de-multiplexer adalah multiplexer mengambil dua atau lebih sinyal dan menggabungkan sinyal tersebut menjadi satu agar dapat dikirimkan melalui satu kabel, sedangkan de-multiplexer membalikkan hal-hal yang dikerjakan oleh multiplexer. Dengan adanya kedua peralatan tersebut informasi atau data yang dikirimkan dapat diterima dengan baik, sehingga isi informasi yang diterima juga sama dengan isi informasi yang dikirimkan. Demux banyak digunakan pada sistem komunikasi, Arithmetic Logic Unit dan Serial to Parallel Converter.

Rangkaian atau IC demux dijual menjadi satu dengan mux. Ketika membeli sebuah IC atau board mux, maka secara tidak langsung perangkat tersebut juga dapat difungsikan sebagai demux. GEZHI Photonics merupakan salah satu produsen yang menjual modul mux/demux untuk komunikasi serat optik. Contoh produk tersebut adalah Gezhi Photonics 200 Ghz DWDM. Pada produk tersebut Multiplexer dan demultiplexer digabungkan bersama-sama ke dalam satu bagian dari peralatan untuk melakukan transmisi data dua arah melalui media serat optik. Gezhi Photonics Co., Ltd didirikan pada bulan November 2006, Gezhi Photonics adalah produsen dan pemasok perangkat jaringan optik terkemuka di seluruh dunia. Produk utamanya meliputi SFP, SFP, XFP, X2, Xenpak, Media Converter dan patchcord. Gezhi Photonics terus bekerja sama dengan universitas internasional dan nasional, unit penelitian ilmiah sekaligus memanfaatkan bakat sosial, informasi, dan teknologi untuk mengembangkan perusahaan. Perusahaan tersebut dapat bertahan berkat layanan teknik kami yang baik, desain khusus, dukungan teknis, tinjauan produk, pembuatan prototipe sampel cepat, dan pengiriman cepat untuk pelanggan. Gezhi melayani lebih dari tiga puluh negara dari berbagai wilayah termasuk Eropa, Amerika Serikat, Asia Tenggara, Afrika dan Timur Tengah. Website perusahaan tersebut dapat dikunjungi melalui alamat www.gezhiphotonics.com.

Demux dapat digunakan untuk memilih beberapa jalur luaran atau output dari sebuah input. Demux sangat berguna ketika menghadapi keterbatasan jalur masukan, misalnya kekurangan pin out dari sebuah mikrokontroler. Sebagai contoh ketika ingin menyalakan beberapa LED secara bergantian, misalnya delapan buah LED. Jika menggunakan satu pin output untuk setiap LED, maka diperlukan sebanyak delapan pin output. Kondisi ini dapat memboroskan penggunaan pin. Karena operasinya secara bergantian, dapat digunakan demux sehingga hanya memerlukan sebuah pin. Sistem Komunikasi menggunakan Multiplexer untuk mengirimkan data melalui media transmisi atau kabel komunikasi. Proses ini membuat transmisi data menjadi lebih mudah. Demultiplexer menerima sinyal luaran multiplexer dan mengubahnya kembali ke bentuk aslinya. Multiplexer dan demultiplexer bekerja sama untuk melaksanakan proses transmisi dan penerimaan data. Pada ALU (Arithmetic Logic Unit), luaran disimpan dalam beberapa Register atau Unit Penyimpanan dengan bantuan Demultiplexer. Luaran dari ALU dimasukkan sebagai masukan data ke Demultiplexer. Pada Konverter Serial ke Paralel demux digunakan untuk merekonstruksi Data Paralel dari aliran Data Serial. Data Serial dari aliran Data Paralel yang masuk diberikan sebagai masukan data ke demultiplexer. Counter dipasang pada masukan kontrol demux. Counter mengarahkan sinyal data ke luaran demux sehingga sinyal data dapat disimpan.

Sebagai contoh dalam aplikasi digital (TTL) terdapat IC khusus yang berfungsi sebagai demultiplexer seperti IC 74LS138 yang merupakan demultiplexer 8 jalur. Demultiplexer 74LS138 berfungsi untuk memilih salah satu dari 8 jalur dengan memberikan data BCD 3 bit pada jalur masukan A0 – A2. Demultiplexer 74LS138 memiliki delapan jalur luaran bernama Q0 sampai Q7, tiga jalur masukan bernama A0 sampai A2 dan tiga jalur kontrol expansi bernama E1 sampai E3. IC demultiplekser 74LS139 merupakan demultiplekser dua input dengan empat output. IC ini terdiri dari dua buah demultiplekser dengan enam belas buah pin. Sebagaimana IC digital lainnya, VCC dari IC ini memerlukan tegangan sebesar +5 V.

Demultiplexer atau sering disingkat demux adalah rangkaian yang digunakan untuk memperbanyak jumlah luaran. pada rangkaian demultiplexer sinyal masukan yang masuk diperbanyak menjadi beberapa output atau luaran. Demultiplexer adalah kebalikan dari multiplexer. Dengan menggunakan gerbang logika and dan not, secara sederhana demultiplexer dapat diterapkan sebagai rangkaian pemilih output. Sehingga apabila pemilih berlogika 1 maka I1 akan menjadi luaran dari demultiplexer, tetapi bila pemilih mengeluarkan sinyal logika 0 maka I0 yang akan menjadi masukan dan meneruskan data ke luaran. Sama seperti multiplexer, rangkaian demultiplexer dapat digunakan untuk memilih banyak luaran, maksudnya lebih dari dua luaran dalam kemungkinan luaran berjumlah 2^n. Untuk mencoba membuat rangkaian demux, diperlukan beberapa peralatan. Peralatan-peralatan tersebut adalah IC Demux, protoboard, LED, resistor, kabel konektor dan power supply.