12 Agustus 2019

Torrent Swapper Merupakan Perangkat Lunak Untuk Berbagi Berkas Melalui Internet


Berbagi berkas teks, audio dan video saat ini sudah menjadi suatu aktivitas yang biasa dilakukan oleh pengguna komputer dan pengguna Internet. Torrent merupakan salah satu aplikasi jaringan peer-to-peer yang memungkinkan pengguna dapat saling tukar menukar berkas digital dengan cepat, mudah dan praktis. Banyak kalangan yang mengeluh pembajakan berbagai buku, majalah, film, lagu dan perangkat lunak yang disebarkan melalui teknologi tersebut. Protokol Torrent yang menjadi bagian dari teknologi jaringan peer-to-peer diciptakan bukan untuk keperluan ilegal tetapi untuk pemanfaatan Internet agar dapat memudahkan manusia. Protokol BitTorrent pertama kali dirancang oleh Bram Cohen pada tahun 2001 dengan tujuan untuk berbagi objek melalui jaringan Internet, protokol tersebut pertama kali diterapkan pada tanggal 2 Juli 2001. Berbagai pelanggaran penyebaran media melalui teknologi Torrent dapat merugikan pengguna dan produsen karena berbagai aspek mulai dari pelanggaran hak cipta hingga pelanggaran hukum yang berlaku. Dengan mengetahui kegunaan dan peralatan untuk memanfaatkan jaringan Internet menjadikan pengguna komputer lebih mudah melakukan aktivitas tukar-menukar berkas digital. Torrent Swapper merupakan salah satu perangkat lunak open source yang menggunakan protokol BitTorrent untuk mendistribusikan berkas digital melalui jaringan Internet.

Pada tahun 2009 pengguna jaringan P2P mencapai 27% hingga 55% dari total keseluruhan pengguna jaringan Internet di seluruh dunia. Dengan perangkat lunak tersebut pengguna dapat memperoleh rekomendasi berkas-berkas menarik dari penyedia layanan, berbagi berkas dengan pengguna lain dan mendapatkan berkas Torrent untuk disimpan pada komputer. Torrenting adalah teknologi berbagi berkas secara peer-to-peer (P2P) di-mana sejumlah pengguna dapat terhubung dan saling berbagi berkas sehingga tidak bergantung pada satu website atau sumber untuk memiliki berkas yang dibutuhkan. Dalam istilah komputerisasi khususnya jaringan peer-to-peer, kata seeding memiliki arti aktivitas mengirimkan atau uploading berkas yang sudah diunduh atau di download untuk diunduh oleh orang lain. Dengan Magnet Link pengguna jaringan dapat memperoleh meta-data berkas yang ingin di distribusikan melalui Internet dengan protokol Torrent. Torrent Swapper adalah salah satu aplikasi klien yang menggunakan protokol BitTorrent untuk melakukan aktivitas berbagi berkas melalui Jaringan Internet.

Perangkat lunak klien merupakan bagian terpenting agar pengguna komputer dapat memanfaatkan teknologi P2P untuk berbagi data melalui Internet. Torrent Swapper merupakan sebuah aplikasi klien untuk berbagi berkas secara peer-to-peer berdasarkan protokol BitTorrent yang dianggap ideal untuk mendistribusikan berkas berukuran besar dengan kecepatan tinggi. Proyek pengembangan aplikasi tersebut dibuat berdasarkan Swapper Project pada Source Forge dengan lisensi dari Creative Commons Attribution yang telah dimulai sejak tanggal 14 Maret 2007. Torrent Swapper mendukung download secara simultan, port mapping, fast-resume, pemilihan berkas download pada paket Torrent, manajemen download, pembatasan kecepatan dan proxy. Di tengah meningkatnya pengawasan, banyak situs Torrent membuat mesin pencari khusus untuk Torrent dengan tujuan menyediakan cara bagi orang untuk mencari berkas Torrent. Website-website tersebut antara lain adalah Torrents, Torrentz, Toorgle, TorrentSeeker dan Snowfl. Informasi lebih lengkap tentang Website-website tersebut dapat di peroleh dari masing-masing website atau dari artikel-artikel di Internet.

Torrenting mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir yang ditunjukkan melalui jumlah pengguna Torrenting mencapai sekitar 3,35% dari total penggunaan lalu lintas Internet. Aktivitas tersebut dilakukan dengan berbagai perangkat lunak seperti BitTorrent, qBitTorrent dan uTorrent untuk mendapatkan berkas-berkas film, lagu, buku dan perangkat lunak. Berbagi berkas melalui Torrenting hingga saat ini dinyatakan aman dari risiko Malware dan virus, risiko negatif melakukan Torrenting ialah adanya berkas palsu yang dapat mengecewakan pengguna. Berkas Torrent biasanya diperoleh dengan cara mencarinya melalui website mesin pencari atau Search Engine khusus Torrent, menyalin berkas yang diinginkan ke komputer kemudian membukanya dengan perangkat lunak Torrent klien. Website pengembang Torrent Swapper dapat di akses dengan perangkat lunak browser pada komputer melalui alamat http://bit-torrent.sourceforge.net. Untuk menggunakan perangkat lunak tersebut dapat dilakukan dengan menyalin berkas instalasi dari website pengembangan proyek di atas, kemudian melakukan instalasi aplikasi melalui berkas yang telah diperoleh.

Jumlah seeder atau pemakai jaringan P2P yang telah mengirim data pada jaringan memengaruhi kecepatan transfer data dapat sampai pada tujuan. Praktik penggunaan berkas Torrent yang tepat adalah dengan menjaga rasio perbandingan antara Download:Upload berada pada posisi satu banding satu (1:1). Seeding adalah kondisi di mana pengguna membiarkan perangkat lunak klien Torrent dalam keadaan terbuka setelah selesai men-download atau menyalin berkas Torrent dengan tujuan untuk membantu mendistribusikan berkas tersebut. Semakin banyak seeder atau klien yang sedang melakukan seeding pada suatu berkas Torrent menjadikan berkas tersebut lebih cepat di distribusikan ke komputer lain. Karena pengguna memperoleh berkas melalui komunitas atau pengguna Internet maka dengan menjaga rasio Download dan Upload seimbang menjadikan pengguna tersebut memiliki manfaat lebih sebagai pengguna jaringan. Cara yang paling umum digunakan untuk melakukan hal tersebut ialah dengan tidak menghapus berkas yang telah diperoleh sebelum rasio perbandingan download dan upload mencapai satu banding satu (1:1).

Magnet Link merupakan cara yang populer digunakan untuk mendapatkan dan berbagi berkas Torrent dengan cepat, mudah dan praktis. Magnet Link yang juga dikenal dengan nama Magnet URI memungkinkan Anda mendapatkan berkas favorit melalui sebuah link plain-text. Jumlah pemakai yang sedang aktif melakukan proses pengiriman berkas yang sama (seeder) memengaruhi kecepatan proses berbagi berkas yang dilakukan, semakin banyak jumlah seeder semakin cepat pula proses transfer data yang dilakukan. Dengan Magnet URI pengguna tidak perlu menyimpan berkas ‘.Torrent’ tetapi cukup dengan melakukan klik pada Magnet Link yang diberikan kemudian membiarkan perangkat lunak klien Torrent melakukan transfer data hingga selesai. Hanya dengan menyalin dan menempelkan Magnet Link pada e-mail atau aplikasi messanger Anda dapat langsung berbagi berkas dengan pengguna jaringan yang lain.

Perangkat lunak Torrent Swapper dapat diperoleh oleh siapa saja dan dapat di pasang pada berbagai sistem operasi komputer seperti Windows, Linux dan Macintosh. Torrent Swapper memiliki fungsi sebagai perangkat lunak klien yang bertugas untuk mengambil dan mengirim berbagai jenis berkas pada jaringan P2P. Berbagi berkas Torrent dapat dilaksanakan melalui dua cara, yaitu dengan mengirimkan berkas '.torrent' ke server torrent dan dengan Magnet URI yang berupa link plain-text. Torrent Swapper merupakan jenis perangkat lunak aplikasi klien, sehingga tidak dapat digunakan sebagai Torrent Tracker. Jika ingin menambahkan menambahkan perangkat lunak Torrent Tracker dapat dilakukan dengan mencarinya dari Internet kemudian memasang perangkat lunak tersebut secara terpisah dengan Torrent Swapper. Ketika mencari berkas ‘.Torrent’ dari website mesin pencari khusus Torrent upayakan untuk menggunakan berkas dengan jumlah seeder terbanyak agar proses transfer data dapat berlangsung dengan cepat. Untuk berbagi berkas dengan pengguna komputer lain yang jumlahnya tidak terlalu banyak, penggunaan Magnet Link merupakan cara paling praktis. Magnet Link tersebut dapat dikirim melalui e-mail, aplikasi pesan instan maupun perangkat lunak komunikasi yang lain.