03 Mei 2019

Pusat Pengolah Data Digital Perangkat Komputer Berada Pada Komponen Prosesor

Prosesor adalah Integrated Circiut atau IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sistem komputer. Prosesor bukan merupakan komponen yang dapat bekerja tanpa batasan penggunaan. Pemakaian komputer dalam waktu lama dapat mengakibatkan prosesor menjadi panas berlebih dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Cara menggunakan komputer dalam waktu lama yang mengakibatkan prosesor mengalami panas berlebih sebaiknya dihindari oleh pengguna komputer sekalipun seorang profesional. Pola penggunaan komputer dengan cara sewajarnya membuat komputer dan prosesor Anda menjadi lebih awet. Prosesor yang sering mengalami panas berlebih akan mengalami kerusakan bahkan mengakibatkan komputer tidak dapat dinyalakan. Dengan mengetahui cara menggunakan komputer dengan benar menjadikan komputer lebih awet dan menghemat biaya pembelian komponen komputer. Anda dapat mengganti prosesor yang rusak di toko komputer atau layanan servis komputer dan dapat memilih bermacam-macam jenis prosesor yang ada.    

Prosesor juga dapat disebut dengan CPU, Anda dapat memilih salah satu kata yang tepat untuk diucapkan atau memilih untuk menggunakan keduanya secara bergantian. CPU merupakan kependekan dari Central Processing Unit, komponen tersebut merupakan perangkat keras komputer yang memahami dan melakukan perintah dan data dari perangkat lunak. Core merupakan bagian dari prosesor yang menerima instruksi, melakukan perhitungan atau suatu tindakan berdasarkan instruksi tersebut. Merek prosesor yang di jual di toko komputer antara lain adalah Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT. Fungsi utama CPU antara lain adalah untuk fetching, decoding, executing dan storing. Semakin banyak jumlah core pada prosesor komputer menjadikan komputer semakin cepat melakukan instruksi yang diterimanya. Instruksi tersebut menjadikan perangkat lunak menjalankan fungsi tertentu.            

Komponen prosesor berukuran kecil dan berada di motherboard komputer atau laptop. Sebuah prosesor merupakan sirkuit yang merespons dan memproses instruksi untuk mengendalikan komputer. Satuan kecepatan prosesor dinyatakan dalam Hertz (Hz), satuan tersebut menunjukkan jumlah instruksi yang dapat dilakukan dalam satu waktu. Prosesor yang memiliki kecepatan 2 Gigahertz dapat melakukan 2000 miliar instruksi dalam satu waktu. Salah satu contoh prosesor generasi ke-9 dari Intel adalah Intel Core i5. Prosesor tersebut memiliki jumlah core sebanyak lima dan perusahaan Intel menyatakan bahwa prosesor tersebut memiliki kecepatan lebih dari 3,5 GHz. 
       
Suhu normal prosesor komputer adalah antara 39 derajat hingga 49 derajat Celsius. Saat menjalankan program berat seperti aplikasi permainan, suhu prosesor dapat mencapai hingga 60 derajat Celsius. Saat komputer digunakan tanpa program berat namun suhu prosesor mencapai 60 derajat Celsius berarti komputer Anda sedang bermasalah. Masalah tersebut timbul karena virus, overlocking, penggunaan non-stop, thermal pasta kering, kipas prosesor tersumbat atau penggunaan perangkat keras tambahan yang tidak sesuai. Hindari menjalankan beberapa program komputer secara bersamaan karena hal tersebut juga dapat meningkatkan suhu prosesor. Matikan komputer Anda sejenak ketika telah digunakan dalam waktu lebih dari 12 jam.        

Jenis prosesor dan soket pada motherboard mempengaruhi apakah jenis prosesor dapat dipasang pada motherboard atau tidak. Daftar jenis prosesor yang dapat dipasang pada motherboard umumnya tertulis pada kardus pembungkus motherboard atau pada buku manual yang diperoleh ketika membeli motherboard. Saat prosesor yang dipasang tidak sesuai dengan jenis motherboard akan mengakibatkan prosesor tidak dapat dipasang atau tidak dapat berfungsi ketika telah terpasang pada motherboard. Jenis prosesor yang sesuai dengan motherboard akan membuat komputer Anda dapat berfungsi dengan baik. Sebelum membeli sebaiknya Anda teliti sendiri apakah prosesor tersebut sesuai dengan motherboard yang ada. Umumnya penjual tidak menghafalkan pasangan jenis prosesor dan motherboard yang sesuai.            

Prosesor yang belum memiliki reputasi baik di kalangan pengguna komputer memiliki risiko kerusakan lebih tinggi dari prosesor ternama dan banyak digunakan oleh masyarakat. Jumlah core, kecepatan dan tipe prosesor mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan Anda ketika menggunakan komputer. Pilih merek prosesor yang banyak dibeli dan dipercaya oleh pengguna komputer. Sesuaikan antara ketersediaan uang, tipe prosesor dan kebutuhan untuk melakukan aktivitas Anda. Prosesor merek Intel dipilih karena tahan panas, cepat dan namanya dipercaya oleh masyarakat. Prosesor merek AMD banyak digunakan oleh pencinta aplikasi permainan komputer walaupun prosesor tersebut memiliki konsumsi daya lebih besar dari merek lain.            
   
Prosesor adalah sebuah komponen komputer yang melakukan aktivitas sesuai dengan instruksi yang diperoleh. Komponen tersebut dipasang pada soket yang ada di motherboard komputer. Semakin bagus jenis prosesor membuat pengguna komputer semakin nyaman mengoperasikan komputernya. Prosesor yang bermasalah akan mengakibatkan komputer tidak dapat berfungsi normal sehingga menghambat pengguna komputer menyelesaikan tugas-tugasnya. Rawat prosesor dengan baik agar komputer Anda selalu dalam kondisi normal. Cari referensi tempat untuk melakukan servis komputer yang bagus agar saat komponen komputer  bermasalah dapat diperbaiki dengan cepat.