03 Februari 2019

Pengembang Aplikasi Menggunakan Firebase Agar Lebih Mudah Mengembangkan Perangkat Lunak

Firebase merupakan layanan dari Google yang dapat digunakan untuk mempermudah pengembang aplikasi membuat, mengembangkan dan menjual apikasi buatannya. Firebase adalah evolusi dari Envolve yang merupakan sebuah layanan pengembangan aplikasi yang memiliki fitur chat. Untuk membuat perangkat lunak yang bagus tidak harus menggunakan peralatan dengan harga mahal. Penyedia layanan untuk pengembang perangkat lunak secara gratis dan berbagai macam perangkat lunak open source dapat dimanfaatkan dengan bebas dari Internet. Membuat program yang disukai pengguna membutuhkan keahlian sekaligus tool yang tepat. Tanpa hal tersebut kecil kemungkinan dapat membuat perangkat lunak yang bagus dan mudah digunakan oleh pengguna. Dengan memanfaatkan fitur yang ada pada Firebase membuat Anda lebih mudah mengembangkan dan menjual perangkat lunak. Panduan untuk menggunakan Firebase dapat diperoleh secara gratis melalui situs https://firebase.google.com.    
        
Layanan untuk mengembangkan dan menjual perangkat lunak secara gratis merupakan fasilitas yang sangat membantu. Layanan seperti Firebase cocok digunakan oleh pengembang perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak yang berkualitas. Pembuat perangkat lunak juga dituntut membuat perangkat lunak yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Firebase memiliki tiga pilihan penggunaan yaitu spark, flame  dan blaze yang memiliki tarif sendiri-sendiri. Selain menyediakan layanan gratis, Firebase juga menyediakan fasilitas berbayar yang dapat digunakan oleh pengguna. Layanan Firebase dari Google sangat membantu pengembang perangkat lunak dalam mengembangkan dan menjual perangkat lunak ciptaannya.  
      
Firebase merupakan sebuah layanan yang ditujukan untuk pengembang aplikasi perangkat lunak. Firebase memfasilitasi pengembang aplikasi agar dapat mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi. Dengan menggunakan Firebase pengembang aplikasi dapat mengembangkan aplikasi ciptaannya dengan lebih mudah dan cepat. Pilihan penggunaannya pun berfariasi, sehingga dapat digunakan oleh berbagai pengembang dengan kondisi keuangan yang berbeda-beda. Fitur pilihan spark dapat digunakan untuk membuat dan menjual aplikasi secara gratis. Fitur pilihan flame dan blaze dapat dimanfaatkan dengan tarif biaya perbulan mulai dari $25.            

Contoh produk Firebase berbayar antara lain Realtime Database, Storage, functions, Hosting, Test Lab, and phone authentication. Firebase juga memiliki produk gratis seperti Analytics, Cloud Messaging, Notifications composer, Remote Config, App Indexing, Dynamic Links, Invites, and Crash Reporting. Anda dapat menggunakan semua paket yang tesedia dengan jangka waktu yang tak terbatas. Produk-produk di situs firebase dapat dikombinasikan agar pengembang dapat menghasilkan perangkat lunak berkualitas sesuai kebutuhan. Firebase Analytics dapat digunakan untuk mencatat peristiwa pada setiap langkah alur orientasi, membuat funnel untuk melihat di mana pengguna akan ditempatkan. Fitur Chat dalam aplikasi adalah cara yang baik untuk meningkatkan interaksi pengguna, tetapi fitur chat yang mudah digunakan sering dirasa sulit untuk diimplementasikan.        

Perbedaan keahlian dan layanan yang tersedia sering menjadi hambatan besar pembuat aplikasi dalam mengembangkan perangkat lunak. Belum lagi ke tidak mampuan infrastruktur penyedia layanan untuk memfasilitasi pengembang dengan berbagai keahlian yang berbeda. Orang yang memiliki keahlian bahasa pemrograman Phyton tidak dapat memanfaatkan layanan yang menyediakan produk dengan bahasa C++ atau yang lainnya. Layanan yang mensupport sedikit bahasa pemprograman juga akan dikesampingkan oleh pembuat perangkat lunak. Perbedaan antara jenis bahasa pemprograman dan keahlian yang dimiliki pembuat aplikasi menjadikan penyedia layanan dan pengembang aplikasi tidak dapat saling berinteraksi. Dengan kata lain jumlah orang yang dapat menggunakan layanan yang tersedia menjadi berkurang.  
      
Firebase dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile atau web sesuai kebutuhan pengguna. Firebase Realtime Database adalah database yang di-host di cloud. Data pada database tersebut disimpan sebagai JSON dan disinkronkan secara realtime ke setiap klien yang terhubung. Kombinasikan produk Firebase untuk mennyelesaikan berbagai tantangan saat mengembangkan aplikasi Anda. Dengan membuat aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi pada perangkat mobile menjadikan aplikasi buatan Anda lebih diminati. Cloud Firestore melanjutkan keberhasilan Realtime Database dengan model data baru yang lebih intuitif. Anda dapat menggunakan Firebase console atau REST API Remote Config untuk mengkonfigurasi aplikasi buatan Anda.     

Firebase merupakan sebuah layanan dari Google yang awalnya bernama Envolve yang ada sejak tahun 2011. Layanan trersebut ditujukan untuk pengembang aplikasi agar dapat dengan mudah mengembangkan dan menjual aplikasi berkualitas. Layanan ini dapat digunakan dengan pilihan paket gratis ataupun berbayar. Layanan gratis bernama spark memiliki fitur mirip dengan paket layanan lain dengan perbedaan pembatasan fitur-fitur tertentu. Untuk memulai menggunakan layanan Firebase dapat menggunakan paket spark. Upaya lain memaksimalkan fitur tersebut adalah dengan mengombinasikan produk-produk firebase yang disediakan di situs https://firebase.google.com.