05 Februari 2019

OpenMPT Menjadikan Aktifitas Mendengarkan dan Edit Audio Lebih Menyenangkan

 Perangkat lunak editor audio merupakan salah satu aplikasi yang banyak dicari pengguna komputer. Dengan aplikasi tersebut pengguna dapat mengubah dan memainkan lagu berbagai jenis audio. Tidak semua perangkat lunak aplikasi editor audio diperoleh dengan cara membelinya. OpenMPT adalah salah satu aplikasi editor audio yang open source dan dapat diperoleh dengan gratis. Aplikasi tersebut dapat di unduh dari situs https://openmpt.org/ dari komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Tanpa aplikasi semacam ini, Anda akan dituntut untuk membeli aplikasi-aplikasi tersebut saat membutuhkannya. Dengan adanya aplikasi opensource yang dapat diperoleh dengan gratis, pengguna dapat melakukan aktivitas edit audio tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Panduan menggunakan aplikasi tersebut dapat di akses melalui situs https://wiki.openmpt.org/.            

OpenMPT merupakan sebuah aplikasi editor audio yang pertama kali diciptakan oleh Oliver Lapicque dari negara Prancis. Aplikasi tersebut merupakan perangkat lunak aplikasi untuk mempermudah pengguna melakukan edit audio dan memutar file tersebut. Fitur dalam aplikasi tersebut sangat banyak, sehingga pengguna baru membutuhkan banyak waktu untuk memahami fungsi-fungsi menu di dalam aplikasi tersebut. File Audio yang dapat digunakan antara lain file audio dengan format midi, wav dan lain sebagainya. OpenMPT dapat mengedit file modul impuls Tracker, Fast Tracker, Scream Tracker dan Pro Tracker. OpenMPT merupakan sebuah aplikasi musik yang powerful yang dapat di pasang pada sistem operasi windows.            
OpenMPT merupakan aplikasi untuk memainkan file audio berformat wav, midi dan yang lainnya yang dapat dipasang pada sistem operasi windows. Aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi audio yang powerful yang menjadikan aktivitas writing music menyenangkan, mudah dan efisien. Dengan aplikasi ini komputer Anda dapat menjadi alat yang powerful untuk melakukan aktivitas editing musik. Hasil akhir file tersebut dapat disimpan ke dalam hardisk komputer dengan format wav, midi atau yang lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuka beberapa file sekaligus sehingga Anda dapat dengan mudah untuk copy dan paste konten yang sedang Anda kerjakan. Format yang di dukung antara lain WAV, FLAC, W64, PAT, S3I, SBI, AU, CAF, SMP, ITS, RAW, AIFF, 8SVX, DLS, MSS, SF2, XI, ITI, SFZ, Ogg, Opus, MP3.            
   
OpenMPT merupakan pengembangan dari ModPlug Tracker yang keduanya dapat diperoleh secara gratis dari Internet. MODPlug Tracker  merupakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat musik dengan komputer windows ditambah dengan instrumen yang tersedia bebas di Internet. Adanya perangkat lunak ini menjadikan aktivitas editing file audio menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pengguna tidak dituntut biaya tambahan agar bisa mengedit file musik yang diinginkan. Perangkat lunak Modplug Tracker dapat di akses melalui alamat www.modplug.com. OpenMPT dapat digunakan dengan melakukan men-download dan melakukan instalasi paket perangkat lunak tersebut pada komputer windows Anda.    

Fitur-fitur dalam perangkat lunak OpenMPT bervariasi dan memiliki jumlah cukup banyak. Walaupun dirancang agar mudah dijalankan, pengguna perangkat lunak ini membutuhkan banyak waktu untuk mengenal fungsi setiap menu yang ada. OpenMPT memiliki enam menu utama yang terdiri dari File, Player, Edit, Windows dan Help. Masing-masing menu utama memiliki sub-menu di mana fungsi setiap sub-menu tersebut dapat dipelajari melalui https://wiki.openmpt.org/. Panduan yang tersedia saat ini masih menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut membuat orang dengan kemampuan bahasa Inggris kurang baik menjadi lebih sukar memahami panduan yang ada.            

Fungsi untuk membuka dan menyimpan file audio ke komputer terdapat dalam menu utama File. Menu Player dan Edit berguna untuk memainkan dan mengubah lagu yang diinginkan.  Dengan mengikuti tutorial dari https://wiki.openmpt.org, pengguna baru akan menjadi lebih memahami cara menggunakan perangkat lunak tersebut. Tutorial-tutorial dalam situs tersebut dapat di-akses dengan gratis. Panduan dalam situs di atas dapat di simpan dan di cetak dengan memilih opsi Download as PDF atau Printable version yang ada di kolom sebelah kiri. Dengan begitu panduan tersebut dapat dibaca tanpa harus terhubung ke jaringan Internet.    
       
OpenMPT adalah aplikasi opensource yang digunakan untuk mengedit file audio melalui komputer. Panduan untuk menggunakan OpenMPT dapat di-akses dengan mudah melalui situs https://wiki.openmpt.org. Fungsi setiap menu dalam aplikasi OpenMPT dapat dipelajari secara online dan offline. Aplikasi OpenMPT dapat digunakan pada sistem operasi berbasis 32-bit ataupun 64-bit. Saat mengunduh aplikasi ini sebaiknya memilih file yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Sehingga risiko eror saat menggunakan aplikasi tersebut lebih sedikit.