01 Desember 2018

Berpakaian Rapi dan Menarik Untuk Meningkatkan Percaya Diri Sekaligus Cerminan Kepribadian dan Profesionalisme

Etika berpakaian merupakan acuan seseorang dalam berpenampilan yang sesuai dengan lingkungan dan situasi yang sedang dijalani. Penampilan mencerminkan efisiensi, penguasaan, dan rasa percaya diri pemakainya sekaligus menunjukkan profesionalisme bagi yang melihat. Berpenampilan menarik merupakan tuntutan bagi siapa saja yang ingin diterima oleh lingkungannya. Penampilan saat berada di rumah, pasar dan tempat bekerja tentu saja berbeda. Tuntutan penampilan saat menghadiri wawancara kerja, pesta, dan naik pentas juga berbeda. Dengan berpenampilan yang sesuai dengan situasi dan lingkungan dapat menjadikan orang diterima oleh orang yang melihat.

Berpenampilan yang sesuai dengan situasi dan lingkungan merupakan hal yang harus diperhatikan agar  nyaman dalam beraktifitas. Saat pergi ke pasar atau dirumah dapat memakai pakaian dengan satu atau dua jenis warna berbeda, model yang sederhana, dan memakai aksesoris yang tidak terlalu menyolok. Saat bekerja dapat mengenakan busana yang rapi dan bersih dengan model motif klasik berwarna tidak mengkilat. Untuk menghadiri kegiatan pesta atau sejenisnya dapat memakai pakaian dengan dengan satu atau dua jenis warna berbeda yang memiliki model menarik dengan mengenakan aksesoris berwarna serasi dengan pakaian. Orang akan memberikan penilaian bahwa penampilan dengan pakaian yang terdiri lebih dari dua warna dengan model dominan renda-renda atau semacamnya di tambah dengan aksesoris menyolok dan memiliki warna berlainan merupakan jenis penampilan yang berlebihan. Beberapa bidang usaha atau profesi memiliki dess code atau aturan tidak tertulis dalam berpakaian. Dengan merencanakan dan mempersiapkan penampilan membuat orang  lebih matang dalam menghadapi berbagai situasi.

Pakaian santai merupakan pakaian yang umumnya digunakan untuk rekreasi dan bersantai yang memiliki model sederhana dan warnanya tidak mencolok. Pakaian jenis ini identik dengan atasan berupa kemeja motif kotak-kotak, kaos, dan blazer. Sedangkan bawahannya berupa jeans, celana katun model sesuai bentuk kaki ataupun rok. Alas kaki biasanya menggunakan sandal ataupun sepatu cats. Aksesoris yang umum digunakan antara lain kaca mata dan jam tangan. Kombinasi dua sampai empat macam warna membuat pemakainya terlihat cerah. Hindari untuk mengenakan pakaian lusuh dan ukuran yang tidak sesuai atau terlalu ketat yang membuat tidak nyaman dan penampilan tidak menarik.

Pakaian kerja adalah pakaian yang dipakai saat melakukan suatu pekerjaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saat bekerja baju atasan yang biasa digunakan adalah jas bermodel slimfit dan kemeja resmi untuk pria, sedangkan wanita umumnya menggunakan blazer dan blouse lengan 3/4 atau lengan panjang. Pria umumnya mengenakan celana model slimfit atau flat. Memakai rok dapat membuat wanita terkesan feminin dan sopan. Dengan mengenakan kacamata berlensa jernih, jam tangan dan tas akan membuat penampilan lebih menarik untuk dilihat. Gunakan alas kaki sepatu ber-hak atau sering disebut sepatu pantofel yang mudah diperoleh. Warna pakaian dapat mempengaruhi suasana hati dan cara orang lain merespon pemakainya. Gunakan dua atau tiga pilihan warna hijau, biru, hitam, atau coklat. Sebaiknya hindari mengenakan bando dan menggunakan warna kuning, abu-abu, dan merah saat bekerja.

Pakaian pesta adalah pakaian untuk acara pesta dan dibuat lebih istimewa dari busana lainnya baik dalam hal bahan, desain, hiasan, maupun teknik jahitannya. Bagi laki-laki pakaian pesta yang sering dipakai adalah kemeja batik atau kemeja lengan panjang, sedangkan wanita lebih umum mengenakan dress atau kebaya. Pakaian tersebut dapat dipadukan dengan celana berbahan kain atau rok panjang. Dengan ditambah memakai jam tangan, gelang, ikat pinggang dapat manambah penampilan pemakaianya menjadi lebih menarik. Warna gelap yang serasi antara baju dan celana merupakan pilihan favorit yang banyak disukai orang. Hindari memakai pakaian serba putih, serba hitam ataupun busana yang terlalu mengekspose tubuh.

Pakaian yang sering dianggap berlebihan umumnya memiliki ciri-ciri kombinasi warna lebih dari tiga jenis, kombinasi motif yang kontras atau berukuran tidak wajar. Model pakaian dequin dress atau model pakaian yang sangat ketat dengan tubuh ataupun terlalu longgar selain membuat tidak nyaman juga membuat penampilan tidak menarik.  Beberapa warna yang perlu dihindari antara lain warna neon, serba hitam dan serba putih. Aksesoris juga sering diperhatikan oleh orang disekitar Anda, hindari manik-manik pada baju, memakai kalung besar ataupun ikat pinggang lebar karena membuat Anda kurang menarik dilihat. Saat bertemu dengan orang yang penampilannya berlebihan sebaiknya jangan terlalu membahas hal tersebut karena akan membuat hubungan Anda kurang baik. Agar dapat tampil menarik saat bertemu orang tidak ada salahnya jika memeriksa hal-hal yang pantas untuk dipakai dan hal-hal yang perlu dihindari dalam berpakaian.

Berpakaian secara berlebihan membuat pemakainya terlihat aneh, merasa tidak nyaman, dan terkesan tidak profesional. Penampilan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Saat mempersiapkan pakaian untuk dipakai dapat disesuaikan dengan tempat kegunaannya seperti kantor, pasar, rumah dan masih banyak lagi. Selain itu persiapan pakaian dapat mengacu pada situasi penggunaannya, contohnya untuk keperluan sekolah, pesta, bekerja atau beribadah. Memakai sepatu berhak merupakan pilihan terbaik untuk melengkapi pakaian kerja. Satu aksesoris berwarna serasi dengan pakaian akan memperkaya penampilan dan membuat penampilan lebih sempurna. Pakaian dengan kombinasi warna lebih dari tiga, aksesoris berlebihan, dan pakaian kusut akan membuat pemakainnya terlihat aneh.