19 Oktober 2019

Standar Logical Link Control Pertama Kali Diterbitkan IEEE Pada Tahun 1989


Logical Link Control (LLC) adalah salah satu dari dua buah sub-layer dalam lapisan data-link yang digunakan dalam jaringan Local Area Network (LAN). LLC merupakan bagian dari spesifikasi IEEE 802, protokol-nya dibuat berdasarkan protokol High-level Data Link Control (HDLC). LLC menggunakan layanan yang disediakan oleh lapisan Medium Access Control (MAC) untuk menyediakan layanan operasi yang berjalan di atas lapisan data-link ke lapisan jaringan yang berada di atasnya. Istilah LLC juga merujuk kepada protokol IEEE 802.2, yang merupakan protokol LAN yang paling umum digunakan. IEEE 802.2 diterapkan pada sub-layer atas pada lapisan data-link. sub-layer atau lapisan atas ini disebut LLC (Logical Link Control). Pada arsitektur lapisan jaringan OSI, posisi LLC berada pada bagian atas Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD), Token Passing dan Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA/CA). Proses enkapsulapsi atau dekapsulapsi yang terjadi pada lapisan Data Link melibatkan sub-layer MAC dan LLC. Proses enkapsulapsi berfungsi untuk membungkus data menjadi suatu frame, sedangkan proses dekapsulapsi berfungsi untuk membuka bungkus tersebut. LLC dapat menangani error, frame, flow control, dan memberikan layanan bagi lapisan di atasnya, yaitu lapisan jaringan (layer 3).

Proses enkapsulapsi atau dekapsulapsi pada lapisan Data Link melibatkan sub-layer MAC dan LLC. LLC dan MAC akan menghasilkan sebuah frame gabungan. Sangat penting untuk dipahami bahwa frame MAC dapat digambarkan seperti kendaraan bagi frame LLC. Mekanisme pengangkutan frame LLC diatur oleh frame MAC, kemudian frame LLC digunakan untuk multiplexing berbagai protokol (contohnya IP, IPX, AppleTalk) yang akan digunakan pada lapisan jaringan. Sub-layer Logical Link Control (LLC) adalah sub-layer Data Link kedua yang berisi aturan-aturan yang mengendalikan peralatan dan protokol-protokol agar dapat berbagi satu Link tunggal dalam suatu jaringan. Sub-layer ini memiliki beberapa tugas, yaitu deteksi error, mengendalikan aliran dan mendukung multi-protokol. Saat frame dan bit dikirimkan melalui jaringan, error atau kesalahan bisa saja terjadi. Kesalahan tersebut dapat berwujud paket data tidak sampai tujuan atau paket data diterima dalam kondisi rusak. Paket-paket yang hilang bisa diidentifikasi dan diperbaiki dengan berbagai teknik error correction. Sub-layer LLC memberikan pengendalian aliran yang dapat mencegah terjadinya banjir pada bufer yang digunakan sebagai penampungan sementara ketika terjadi proses pengiriman data. LLC bertindak sebagai penengah antara protokol-protokol bagian bawah MAC dan protokol-protokol lapisan jaringan bagian atas. Secara umum fungsi LLC adalah mengatur koneksi Data Link, menentukan Link Addressing, menentukan SAP (service access points) dan Sequencing control (kendali urutan frame).

Pada mulanya LLC dikembangkan oleh IBM untuk keperluan jaringan Token Ring. Standar LLC ada dalam standar IEEE 802.2 yang diterbitkan pada tahun 1989. Dokumen tersebut diusulkan oleh Logical Link Working Group. ISO juga menerbitkan standar LLC, standar tersebut ada dalam dokumen ISO/IEC 8802-2 yang diterbitkan pada tahun 1998. Model koneksi atau layanan yang disediakan LLC meluputi 2 buah connectionless oriented dan 1 buah connection-oriented. Ketiga model tersebut adalah tipe 1, tipe 2 dan tipe 3. Model koneksi tipe 1 bernama Unacknowledge connecntionless mode atau LLC1. Pada mode ini , LLC mengirimkan frame tanpa mengetahui apakah frame tersebut dapat tiba di tujuan dengan benar. Frame bisa dikirim ke alamat unicast, multicast atau broadcast. Model koneksi tipe 2 bernama Connection oriented mode atau LLC2. Pada model ini LLC bertanggung jawab memulai (establishing), menggunakan (using), menghapus (resetting) dan mengakhiri (terminating) koneksi. LLC dapat mengetahui dengan pasti keadaan frame yang telah dikirim. Mode koneksi tipe 3 bernama Acknowledged connection service. Tipe 3 mirip dengan tipe 1 tapi hanya mendukung koneksi point-to-point. Secara standar LLC menggunakan mode koneksi Tipe 1. Pada protokol TCP/IP tipe 1 dan tipe 3 mirip dengan unreliable IP–UDP, sedangkan Tipe 2 mirip dengan reliable IP–TCP.

Pada sistem Ethernet, standar-nya dinyatakan dalam 802.1, 802.2 dan 802.3. Standar 802.1 menjelaskan management dan fungsi-fungsi tambahan teknologi Ethernet. Teknologi tersebut meliputi Spanning Tree Process, Ethernet Bridging, Virtual LAN (VLAN) dan lain-lain. Standar 802.2 menjelaskan tentang fungsi Logical Link Control (LLC), LLC tersebut hanya digunakan pada Ethernet 802.3 yang memungkinkan Ethernet bekerja dengan mode conncetion-oriented atau connection-less. Sedangkan standar 802.3 menjelaskan standar untuk lapisan fisik dari Ethernet beserta MAC, lapisan fisik dan MAC tersebut dikendalikan dengan mekanisme Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection (CSMA/CD). Untuk melakukan pengiriman data diperlukan kombinasi antara metode memberikan alamat fisik dan pemberian alamat logic. Pengalamatan secara logic biasa disebut dengan IP Address (Alamat IP) yang berada pada lapisan jaringan. Alamat IP diperlukan oleh perangkat lunak untuk mengidentifikasi komputer pada suatu jaringan. Data pada Layer 2 disebut sebagai Frame. Informasi yang ada pada frame berisi tentang lawan komunikasi, waktu terjadinya komunikasi dan Error yang terjadi selama komunikasi. Setiap frame terdiri dari beberapa field : Start Frame, Address, Length/Type, Data, Frame Check Sequence (FCS) dan Extra bytes yang mungkin ditambahkan.

IEEE 802.2 diterapkan pada sub-layer atas, yang ada pada lapisan Data Link. Sub-layer atas ini disebut LLC (Logical Link Control). LLC dapat menangani error, frame, flow control dan melayani layanan bagi lapisan di atasnya, yaitu Layer Network (layer 3). SNAP merupakan singkatan dari Subnetwork Access Protocol. SNAP merupakan extended bagi LLC. Karena LLC hanya dapat menampung hingga 64 jenis protokol jaringan. Salah satu protokol yang menggunakan SNAP adalah AppleTalk. SNAP akan ditambahkan pada frame manakala protokol LLC digunakan untuk paket IP (Internet Protocol). Frame Ethernet II tidak menggunakan LLC. LLC muncul pada Ethernet standar IEEE 802.3. Sehingga frame yang dibentuk pada layer Data Link untuk Ethernet II berbeda dengan IEEE 802.3. Frame LLC disebut sebagai LPDU (LLC Protocol Data Unit). LPDU terdiri dari empat bagian, yaitu DSAP (destinatination Service Access Point), SSAP (Source Service Access Point), Control dan Information. DSAP berisi tentang alamat tujuan SAP, SSAP berisi tentang alamat asal atau sumber SAP, Control berfungsi sebagai kendali untuk frame dan Information berisi informasi data dan protokol LLC.

Pada Ethernet pengiriman data dilakukan menggunakan metode Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection (CSMA/CD). Pada jaringan yang dapat melakukan akses bersama secara simultan, bila komputer A mengirimkan data ke komputer D, maka komputer B dan C akan melakukan deteksi jalur. Apabila jalur sedang dipakai maka komputer B dan C akan menunggu terlebih dahulu. Sebuah komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai oleh komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada waktu berikutnya yang dilakukan secara acak. Dengan demikian maka jaringan menjadi lebih efektif dan bisa digunakan secara bergantian. Lapisan Data-Link dapat melakukan deteksi kesalahan dan memberikan peringatan (notifikasi) kepada lapisan di atasnya bahwa terjadi kesalahan transmisi. Teknik yang dapat digunakan adalah Frame Check Sequence (FCS) dan Cyclic Redundancy Check (CRC). Setelah terdeteksi adanya kesalahan atau error, data-link tidak memperbaiki kesalahan tersebut. Lapisan data-link hanya melakukan pendeteksian adanya kesalahan dan memberikan laporan ke lapisan yang berada di atasnya, yaitu lapisan jaringan.