21 Agustus 2019

HTML Di Transformasi Dengan XLST Sehingga Menjadi Sesuai Standar XML

Salah satu kesulitan melakukan konversi dokumen dengan XLS terletak pada kenyataan bahwa XSL mendukung gaya pemrosesan yang rekursif. Identity Transform dapat dilakukan dengan menggunakan template untuk mengubah semua isi dokumen kecuali bagian yang ingin di modifikasi. Dalam pemrograman komputer istilah rekursif memiliki arti sebagai fungsi atau metode yang melakukan perhitungan bagiannya secara berulang kali agar dapat selesai hingga pada hasil akhir. Walaupun konsep pemrograman rekursif sulit untuk dipahami namun menguasai konsep tersebut bisa sangat berguna bagi programmer. XLS dapat melakukan konversi dokumen dengan praktis sehingga memudahkan pengguna mengubah dokumen HTML agar sesuai dengan standar XML. Tanpa cara yang tepat proses transformasi tidak dapat terjadi atau menyulitkan pengguna sehingga tujuan yang ingin dicapai tidak terlaksana dengan baik. Identity Transform memberikan dasar seluruh kelas transformasi yang berguna. Sebuah Identity Transform merupakan stylesheet yang memproduksi ulang input sebagai output.

Identity Transform adalah transformasi data yang menyalin data sumber menjadi data tujuan tanpa melakukan perubahan. Identity Transform dianggap sebagai suatu proses penting dalam membuat sebuah library transformasi yang reusable. Dengan membuat library berbagai dasar Identity Transform memudahkan untuk memelihara berbagai macam filter transformasi data. Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan yang ter-integrasi. XSLT (Extensible Stylesheet Language Transformations) memiliki kemampuan untuk mengubah data XML dari satu format ke format lainnya secara otomatis. XML memiliki metode standar untuk mengakses informasi sehingga membuatnya lebih mudah untuk digunakan menyimpan, mengirim, dan menampilkan data ke berbagai aplikasi dan perangkat komputer. Identity Transform memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan transformasi data ke dalam berbagai bentuk dokumen standar.

Banyak pengembang merasakan kesulitan memulai belajar XSL. Salah satu kesulitan terletak pada kenyataan bahwa XSL memiliki gaya proses secara rekursif. XSLT Identity Transform digunakan untuk mengubah dokumen XML agar menghasilkan output berbentuk dokumen XML atau yang lainnya yang identik dengan input. Istilah XLS dan XLST memiliki arti yang sama, namun penggunaan istilah keduanya di pilih di berbagai tempat yang berbeda. Dengan kata lain yang dimaksud dengan XLS adalah XLST yang merupakan salah satu rekomendasi dari W3C. Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup yang mendefinisikan tentang seperangkat aturan untuk encoding dokumen ke dalam format yang bisa dibaca oleh manusia dan mesin. XSLT menggunakan Stylesheet XSLT untuk menerapkan aturan transformasi pada dokumen XML sehingga dapat menghasilkan dokumen yang di format dalam bentuk XML, HTML, dan teks. Dengan begitu dokumen dapat ditampilkan dan di akses melalui berbagai jenis perangkat lunak dan berbagai jenis peralatan komputer.

Sebagian besar dari apa yang terlihat pada layar browser adalah sebuah deskripsi mendasar menggunakan HTML. HTML adalah bahasa yang menggambarkan struktur dan isi semantik dari sebuah dokumen Web. Isi dalam halaman Web ditandai dengan elemen HTML seperti &#060img&#062, &#060title&#062, &#060p&#062 dan &#060div&#062. Standar HTML di definisikan sebagai bahasa tunggal yang ditulis menggunakan Sintaks HTML ringan, tetapi lebih ketat dari pada XML dan juga mampu menangani kebutuhan aplikasi web. HTML adalah standar internasional yang memiliki dasar atau landasan spesifikasi dari World Wide Web Consortium dan WHATWG. Website kedua Organisasi dan komunitas tersebut dapat di akses melalui alamat https://whatwg.org dan https://www.w3.org.

XSL adalah kelompok bahasa transformasi yang mendeskripsikan tentang pemformatan atau transformasi suatu berkas yang dibuat dengan standar XML. XSL merupakan cara ampuh untuk melakukan manipulasi XML, sehingga pengembang harus akrab dengan berbagai perlengkapan yang ada. Kemampuan melakukan transformasi dokumen XML dengan XSL sama pentingnya dengan kemampuan menggunakan query basis data relasional dengan SQL. Bahasa XSL tersebut terdiri dari tiga bahasa, yaitu: XSLT, XSL-FO, dan XPath. Hasil konversi XSLT berupa salinan dokumen yang identik dengan aslinya kecuali hal-hal yang telah di modifikasi. Spesifikasi ketiga bahasa tersebut di simpan dalam bentuk dokumen rekomendasi W3C. XSLT dikembangkan sebagai bahasa stylesheet yang bertugas untuk melakukan transformasi XML menjadi dokumen yang dapat dibaca oleh manusia.

XML merupakan bagian dasar dari luasnya teknologi. XML yang dibuat dengan baik akan menghasilkan dokumen XML yang dapat di representasi sebagai struktur pohon. Industri teknologi informasi menggunakan banyak bahasa yang berdasarkan pada XML sebagai bahasa yang bersifat data-description. Tag XML menyerupai tag HTML, tapi XML lebih fleksibel karena memungkinkan pengguna mendefinisikan tagnya sendiri. HTML merupakan bahasa representasi, sedangkan XML adalah bahasa data-description. Cara bertindak XML seperti sebuah meta-language, di mana XML dapat digunakan untuk mendefinisikan bahasa lain.

XSLT adalah salah satu bahasa pemrograman XML untuk melakukan konversi dokumen menjadi berbagai bentuk format dokumen yang sesuai dengan standar XML. Sandar dokumen XML diatur dalam standar yang dikeluarkan oleh W3C. XLST merupakan salah satu metode yang perlu dikuasai oleh orang yang sehari-hari bekerja di lingkungan teknologi informasi, terutama orang yang akrab dengan pengembangan Website. Setelah menguasai konsep tersebut akan mempermudah pengguna mengembangkan suatu sistem yang dapat menampilkan berbagai informasi ke dalam berbagai jenis peralatan komputer. HTML dan XML merupakan topik yang sebaiknya dikuasai sebelum mempelajari tentang konsep XLST agar lebih mudah melalui tahapan proses untuk menguasainya. Selain populer, metode XLST merupakan metode yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan dokumen yang sesuai dengan standar XML.