03 November 2019

Dokumen Standar Gateway Internet Diterbitkan Oleh IETF Pada Tahun 1987

Gerbang jaringan (bahasa Inggris: gateway) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dikirimkan ke jaringan komputer yang lain dengan protokol jaringan berbeda. Pengartian gerbang jaringan sering kali bergeser. Kadangkala, kata gerbang jaringan digunakan untuk menamai perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Istilah gateway merujuk kepada perangkat keras atau perangkat lunak yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat dikirimkan ke komputer yang berbeda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada surel, dengan gateway pertukaran surel dapat dilakukan pada sistem yang berbeda. Host yang digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, juga digunakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lain. Gateway biasanya berfungsi sebagai router. Gateway atau router bisa berbentuk Router box seperti yang di produksi Cisco, 3COM dan Mikrotik. Atau bisa juga berupa komputer yang menjalankan Network Operating System plus routing daemon, contohnya komputer yang dipasang Unix FreeBSD dan menjalankan program Routed atau Gated.

Gateway juga bisa diartikan sebagai komputer yang memiliki minimal dua buah antarmuka jaringan untuk menghubungkan dua buah jaringan atau lebih. Gateway dapat menjadi jalan atau rute untuk menunjukkan tujuan dari suatu alamat pada internet dan gateway dapat berfungsi layak nya router. Selain itu gateway dapat menghubungkan suatu jaringan komputer yang besar dengan jaringan besar lainnya, tidak hanya itu gateway juga bisa menghubungkan jaringan komputer yang besar dengan jaringan komputer yang lebih kecil. Fungsi gateway adalah sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya yang berbeda protokol. Jika dirinci lebih mendalam maka fungsi gateway adalah sebagai protocol converting dan alat untuk mempermudah akses informasi pengguna jaringan komputer. Fungsi gateway yang pertama adalah sebagai protocol converting. Gateway berguna sebagai penghubung beberapa jaringan komputer yang berasal dari protokol yang berbeda. Untuk bisa menghubungkan dua jaringan komputer yang berbeda protokol, gateway harus mengubah setiap protokol yang ada sehingga beberapa jaringan tersebut dapat saling terhubung. Fungsi gateway kedua adalah sebagai alat untuk mempermudah akses informasi pengguna jaringan komputer. Ketika jaringan komputer tidak dapat dihubungkan satu sama lainnya, maka secara otomatis satu jaringan komputer tidak akan bisa mengakses informasi yang ada di jaringan komputer lainnya.

Persyaratan Gateway internet dijelaskan dalam RFC 1009 yang diterbitkan oleh IETF pada tahun 1987. Dokumen tersebut berjudul Requirements for Internet Gateways. RFC 1009 Mendeskripsikan persyaratan gateway yang digunakan pada jaringan komputer berbasis IP. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk memberikan panduan bagi vendor yang menawarkan produk gateway yang dapat digunakan atau disesuaikan untuk digunakan dalam aplikasi Internet. RFC 1009 ditulis oleh Robert Braden dan Jonathan Bruce Postel dari Amerika Serikat. Keduanya adalah ilmuwan komputer yang banyak memberikan kontribusi pada perkembangan internet. Kedua penulis tersebut tergabung dalam Information Sciences Institute (ISI). ISI adalah bagian dari University of Southern California (USC) yang memiliki spesialisasi dalam bidang penelitian dan pengembangan proses informasi, komputerisasi dan teknologi komunikasi. ISI secara aktif berpartisipasi dalam revolusi informasi, dan memainkan peran utama dalam mengembangkan dan mengelola Internet dan ARPAnet. ISI melakukan penelitian dasar dan terapan yang didukung oleh lebih dari dua puluh lembaga pemerintah AS yang terlibat dalam pertahanan, sains, kesehatan, keamanan, energi, dan bidang lainnya. Dana tahunan yang dihabiskan ISI adalah sekitar $ 100 juta. ISI mempekerjakan sekitar 350 ilmuwan riset, programer penelitian, mahasiswa pascasarjana dan staf administrasi. Sekitar setengah dari staf penelitian memiliki gelar PhD.

Jaringan konsisten secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu LAN dan WAN. LAN memiliki berbagai desain, biasanya didasarkan pada topologi bus, ring, atau star. LAN mencakup area geografis kecil, contohnya satu bangunan atau lokasi pabrik. WAN adalah Host dan LAN yang tersebar secara geografis dan saling terhubung dengan lokasi area jaringan yang luas. WAN juga disebut dengan jaringan jarak jauh. Sebuah gateway terhubung ke dua atau lebih jaringan, muncul ke masing-masing jaringan sebagai host yang terhubung. Ia memiliki antarmuka fisik dan alamat IP tersendiri pada masing-masing jaringan yang terhubung. Gateway menyediakan layanan transportasi dan berupaya meminimalkan kesalahan untuk mempertahankan agar layanan dapat fleksibilitas dan memiliki daya tahan tinggi. Ada dua model dasar gateway untuk menghubungkan jaringan LAN dan WAN di Internet. Gateway adalah sistem komputer yang berfungsi untuk meneruskan rute data pada jaringan komputer. Dengan adanya gateway, komputer-komputer dalam suatu LAN dapat saling komunikasi dengan komputer lain di luar jaringan.

Gateway merupakan sebuah perangkat komputer yang sering digunakan untuk membangun atau menghubungkan jaringan komputer. Dengan menggunakan gateway, beberapa jaringan komputer dapat dihubungkan menjadi satu sehingga jaringan komputer bisa menjadi semakin luas dan informasi bisa disebarkan dengan lebih cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas. Karena digunakan sebagai perangkat penghubung jaringan komputer, gateway sering kali disamakan dengan router. Padahal dua perangkat komputer ini benar-benar jauh berbeda satu sama lainnya. Kata Gateway merupakan frasa kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu kata gate yang artinya gerbang atau pagar pembatas dan kata way yang artinya merupakan sebuah jalan. Jika diartikan dari frasa katanya, maka kata gateway dapat diartikan sebagai gerbang pembuka jalan. Jika dikaitkan dengan jaringan komputer, maka pengertian gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau beberapa jaringan komputer lainnya yang menggunakan sistem protokol yang berbeda sehingga setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang protokol-nya berbeda.

Semakin lama, gateway identik dengan router, padahal keduanya memiliki perbedaan yang berarti. Jadi jika ada orang yang mengatakan bahwa gateway sama dengan router, maka sebetulnya pernyataan tersebut bukanlah pernyataan yang salah. Gateway juga bisa disebut sebagai router yang bertugas meneruskan lalu lintas suatu jaringan ke jaringan lain atau ke internet. Gateway ini bertindak sebagai perangkat perantara antara komputer di satu jaringan dengan komputer lain di jaringan lainnya. Semua lalu lintas antar jaringan tersebut harus melalui pintu gerbang (gateway). Gateway bekerja seperti layaknya pintu untuk mencapai jaringan lain. Setiap gerbang paling tidak memiliki dua macam antarmuka jaringan. Misalnya saja ketika mengakses internet, sebuah alamat website dapat ditempuh jika sudah melalui gateway yang telah memberikan arah dan rute untuk sebuah paket data agar dapat sampai ke tujuan. Misalnya ada perumahan kecil yang letaknya di dalam satu kompleks perumahan yang lebih besar. Perumahan besar tersebut dikelilingi dengan jalan besar. Jika penghuni di perumahan kecil ingin mencapai rumahnya, tentu dibutuhkan pintu gerbang perumahan yang pastinya dibangun di dekat jalan besar. Jalan besar biasanya tidak berbatasan langsung dengan perumahan kecil, walau terhubung dengan perumahan besar. Gateway sendiri merupakan gerbang yang terletak di pinggir jalan besar tersebut.