19 Oktober 2019

SLIP Pertama Kali Di-aplikasikan Pada Komputer Unix Dan Sun Microsystems

Serial Line Internet Protocol (SLIP) adalah enkapsulasi dari Protokol Internet yang dirancang untuk bekerja pada port serial dan koneksi router. Pendokumentasian SLIP ada dalam RFC 1055. Pada komputer pribadi, SLIP sebagian besar telah digantikan oleh Protokol Point-to-Point (PPP), yang dirancang lebih baik sehingga memiliki lebih banyak fasilitas dan tidak memerlukan konfigurasi alamat IP. Pada mikrokontroler, SLIP masih dianggap sebagai cara terbaik yang dipilih sebagai metode enkapsulasi paket IP karena SLIP memiliki level overhead yang sangat kecil. SLIP merupakan sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang melakukan pendeteksian kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampung-nya. Secara perlahan-lahan standar SLIP digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi. Versi SLIP dengan kompresi tajuk disebut dengan Compressed SLIP (CSLIP). Algoritma kompresi yang digunakan dalam CSLIP dikenal dengan Van Jacobson TCP / IP Header Compression . CSLIP tidak memengaruhi payload paket data dan tidak tergantung pada kompresi modem serial yang digunakan untuk transmisi. CSLIP mengurangi jumlah header TCP dari dua puluh byte menjadi tujuh byte, selain itu CSLIP tidak berpengaruh pada data-gram UDP.

Agar protokol dapat dipakai untuk komunikasi di berbagai produsen perangkat maka dibutuhkan standardisasi protokol. Banyak lembaga dunia yang bekerja untuk standardisasi protokol. Yang saat ini banyak mengeluarkan standardisasi protokol yaitu IETF, ETSI, ITU, dan ANSI. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protokol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada Internet. Dokumen RFC 1055 mengindikasikan beberapa ciri-ciri dan kerugian SLIP. Hal-hal yang diatur dalam RFC tersebut diantaranya adalah addressing, type identification, error detection dan error correction. Agar dapat saling komunikasi, kedua komputer harus mengetahui alamat IP masing-masing. SLIP tidak mendukung pemberian alamat IP secara dinamis. SLIP juga tidak menyediakan koreksi kesalahan yang terjadi. Error-checking diserahkan pada lapisan yang lebih atas. SLIP melakukan kodifikasi data-gram standar TCP/IP dengan menambahkan " SLIP END " karakter sebagai pembatas data-gram dalam aliran byte.

Beberapa orang merujuk pada yang sukses dan banyak digunakan RFC 1055 Serial Line Internet Protocol sebagai "Rick Adams 'SLIP", untuk menghindari kebingungan dengan protokol lain yang diusulkan bernama "SLIP". Dokumen RFC lain yang memuat tentang SLIP diantaranya adalah RFC 914 Apendiks D. Pada sekitar awal tahun 1980, sistem UNET Unix 3Com menggunakan jaringan TCP/IP melalui saluran serial. Rick Adams bertanggung jawab atas implementasi Serial Line IP (SLIP) pertama yang tersedia dan mendirikan UUNET. Pada tahun 1982 ia mengelola link email UUCP internasional pertama, yang dikenal sebagai "Seismo", di Pusat Studi Seismik di Virginia Utara, yang berkembang menjadi UUNET pertama(berbasis UUCP. Dia memelihara B News yang pada waktu itu berhasil menjadi Usenet News paling populer. Sekitar tahun 1984, Rick Adams mengimplementasikan SLIP untuk workstation Berkeley Unix dan Sun Microsystems. Dengan cepat SLIP dianggap sebagai cara yang andal dan mudah untuk menghubungkan host dan router TCP/IP melalui saluran serial. Protokol SLIP digantikanoleh Point-to-Point Protocol (PPP) pada awal tahun 1990. Ia memperoleh gelar master dalam ilmu komputer dari Purdue University. Pada bulan Juli 2012, ia tinggal di Virginia Utara bersama istrinya Donnalyn dan dua putra mereka.

SLIP tersedia untuk sebagian besar sistem berbasis Berkeley UNIX. SLIP tersedia untuk Ultrix, Sun UNIX dan sebagian besar UNIX yang diturunkan dari Berkeley sistem. Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990 sebagai respon terhadap masalah-masalah yang terjadi. Protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP) hanya mendukung pengalamatan IP statis. Protokol SLIP banyak diterapkan pada komunikasi data yang menggunakan media komunikasi saluran telepon. Untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pengiriman data, protokol SLIP di kombinasikan dengan protokol Point-to-Point Protocol (PPP). Pada komputer pribadi, komunikasi serial digunakan misalnya pada standar komunikasi RS-232 yang menghubungkan periferal eksternal seperti modem dengan komputer. RS-232 adalah standar komunikasi serial yang diidentifikasi sebagai antarmuka data terminal equipment atau DTE dan data communications equipment atau DCE menggunakan pertukaran data biner secara serial. Di dalam definisi tersebut, DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem. Komunikasi RS-232 diperkenalkan pada tahun 1962, pada tahun 1997 Electronic Industries Association mempublikasikan tiga modifikasi pada standar RS-232 dan menamainya menjadi EIA-232. Standar RS-232 memiliki kecepatan hingga 256 kbps dengan jarak kurang dari 15 meter. Susunan pin khusus yang disebut null modem cable merupakan standar RS-232 yang dapat digunakan untuk komunikasi data antara dua komputer secara langsung.

Komunikasi serial adalah salah satu metode komunikasi data di mana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seutas kabel pada suatu waktu tertentu. Pada dasarnya komunikasi serial adalah kasus khusus komunikasi paralel dengan nilai n = 1. Dengan kata lain SLIP adalah suatu bentuk komunikasi paralel dengan jumlah kabel hanya satu dan hanya mengirimkan satu bit data secara simultan. SLIP menggambarkan suatu urutan karakter yang membingkai IP paket pada serial Line. SLIP tidak menghasilkan alamat, identifikasi tipe paket, pendeteksian kesalahan, koreksi atau perbaikan kesalahan. Protokol SLIP memiliki dua karakter khusus END dan ESC. END adalah octal 300 atau angka desimal 192 dan ESC adalah octal 333 atau angka desimal 219. Karena tidak ada standar spesifikasi SLIP, tidak ada ukuran paket maksimum pada SLIP. SLIP telah banyak digantikan oleh protokol point- to-Point ( PPP) karena lebih fleksibel. Protokol-protokol yang berhubungan dengan SLIP diantaranya adalah IP, TCP, PPP dan Van Jacobson.

Untuk membuat sambungan dial-up SLIP, komputer tersebut harus memiliki perangkat lunak dial-up terlebih dahulu. Ketika membuat koneksi Dial-Up tersebut, pilih jenis dial-up server dengan SLIP: UNIX Connection. Kemudian pilih TCP/IP sebagai pilihan yang memungkinkan untuk terhubung ke Internet. Isi juga username dan password dial-up dengan memperolehnya dari ISP yang menjadi penyedia layanan Internet. Opsi lain yang harus diisi adalah pengaturan alamat IP atau IP Address, Subnetmask dan alamat DNS (DNS Address). Jenis alamat IP yang digunakan pada SLIP adalah alamat IP statis atau tetap, sehingga pengguna jaringan harus mengatur alamat IP komputernya secara manual. Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan SLIP, buka aplikasi dial-up tersebut kemudian pilih atau klik pada tombol connect. Setelah itu tunggu perangkat lunak dial-up terhubung ke jaringan. Untuk mengakhiri koneksi, dapat dilakukan dengan memilih atau klik pada tombol disconnect atau putuskan sambungan. Opsi tersebut dapat dilakukan ketika pengguna telah selesai menggunakan jaringan dan ingin berputus dari jaringan tersebut.