25 Juli 2019

Meteor.JS Memudahkan Pengembang Perangkat lunak Membuat Aplikasi Web Modern

Meteor adalah framework yang bagus untuk digunakan oleh pengembang web pemula yang belum pernah membuat aplikasi web sebelumnya. Meteor yang pertama kali di perkenalkan ke publik adalah Meteor v.0.3.2 pada tanggal 1a0 April 2012. Orang yang tidak mengetahui latar belakang pengetahuan tentang pemrograman dan basis data bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk membuat aplikasi web modern. Meteor dapat dipelajari dalam waktu singkat sehingga orang yang ingin mulai belajar membuat web modern dapat beradaptasi dengan cepat. Kebutuhan perangkat lunak untuk membuat web modern dengan meteor ada tiga, yaitu sistem operasi, editor teks dan browser. Kemudahan yang tersedia menjadikan orang yang ingin belajar membuat aplikasi web modern tidak perlu terlalu banyak belajar tentang pemrograman. Pengguna framework Meteor dapat menggunakannya dengan segera tanpa harus banyak melakukan adaptasi bahasa pemrograman terlebih dahulu.Panduan dan tutorial menggunakan perangkat lunak tersebut dapat di akses melalui https://guide.meteor.com dan www.meteor.com/tutorials.

Meteor dikembangkan oleh Meteor Development Group kemudian di dukung oleh Y Combinator dan menerima dana sebesar $11.2 M dari Andreessen Horowitz pada bulan juli 2012. Framework meteor memberikan fasilitas kepada pengguna untuk mengembangkan aplikasi web real-time hanya dengan satu bahasa pemrograman, yaitu JavaScript. Framework Perangkat Lunak merupakan kumpulan kode program yang menjadi pondasi untuk membuat perangkat lunak aplikasi atau produk perangkat lunak lainnya. Meteor Toys adalah alat pengembangan perangkat lunak khusus untuk meteor yang dirancang untuk membuat pengguna lebih produktif. Website perangkat lunak tersebut dapat di akses melalui www.meteor.com. Meteor merupakan framework untuk membuat aplikasi web yang menggunakan bahasa pemrograman Java Script yang dirancang agar pengguna lebih produktif membuat perangkat lunak.

Meteor merupakan framework yang cepat dan mudah untuk digunakan sebagai platform pembuat aplikasi web. Meteor adalah platform Isomorphic JavaScript untuk mengembangkan web modern dan aplikasi mobile. Isomorphic JavaScript atau Universal JavaScript merupakan aplikasi JavaScript yang dapat berjalan dengan baik pada klien dan server. Framework dan Library isomorphic JavaScript selain Meteor dan React antara lain adalah Next.js, Nuxt, Rendr, Derby, Miso, Ezel and Catberry. Instalasi Meteor pada komputer Linux dan MacOS Anda dilakukan dengan menuliskan perintah “curl https://install.meteor.com/ | sh” melalui terminal, sedangkan pada komputer Windows dapat menggunakan perintah “choco install meteor” melalui Command Prompt. Anda dapat menggunakan framework Meteor untuk membuat berbagai aplikasi semisal aplikasi chatting, pengelolaan proyek, manajemen media sosial, e-commerce dan website komunitas.

Untuk membuat aplikasi atau pemrograman web membutuhkan sebuah framework agar dalam proses koding menjadi lebih mudah. Framework adalah sebuah perangkat lunak untuk memudahkan programer membuat aplikasi web yang berisi berbagai fungsi semisal plug-in dan konsep untuk membentuk sistem tertentu agar tersusun dan ter-struktur dengan rapi. Beberapa contoh framework PHP antara lain Laravel, Yii, Code Igniter, Symfoni, Zend Framework, Cake PHP, Fuel PHP. Framework CSS terdiri dari Bootstrap, Gumby, Foundation, Less Framework, JQuery UI, Unsemantic dan Blue Print CSS. Kedua jenis framework di atas merupakan perangkat lunak framework untuk membuat aplikasi web yang bersifat open source sehingga pengguna dapat langsung mencoba setelah menyalin berkas instalasi-nya. Jangan terlalu asyik dengan percobaan memilih framework yang tepat karena akan menghabiskan waktu lebih lama daripada membuat perangkat lunak dengan kemampuan yang sudah bisa dilakukan.

Meteor Toys adalah seperangkat alat pengembangan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah proses pembuatan perangkat lunak web. Meteor Toys memiliki seperangkat publikasi dan metode khusus yang memungkinkan aplikasi melakukan interaksi dengan aplikasi yang dibuat secara bebas. Ketika melakukan instalasi Meteor Toys, Anda akan mendapatkan akses ke Mongol dan JetSetter secara otomatis, yang merupakan alat pengembang asli dari meteor. Fasilitas premium yang dapat diperoleh dengan membeli Activation Key adalah AutoPub, Authenticcate dan Throttle. Dengan menuliskan perintah ‘meteor add meteortoys:allthings’, perangkat lunak tersebut akan melakukan konfigurasi secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu melakukan konfigurasi secara manual. Anda hanya perlu melakukan instalasi satu paket Meteor Toys untuk dapat memiliki seluruh fasilitas yang dimilik.

JavaScript adalah bahasa pemrograman HTML dan web yang mudah dipelajari oleh pemula dan orang yang sudah mahir. JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich dari Amerika Serikat pada tahun 1995, dan menjadi standar European Computer Manufacturers Association (ECMA) pada tahun 1997. Java Script merupakan salah satu dari tiga bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh pengembang web, yaitu HTML, CSS dan Java Script. W3Schools memiliki referensi JavaScript lengkap yang berisi objek HTML dan browser. Referensi-referensi tersebut juga terus diperbarui sesuai dengan standar web terbaru. Java Script dapat digunakan untuk mengubah isi kode HTML, mengubah nilai atribut HTML, mengubah gaya HTML, menyembunyikan elemen HTML dan menampilkan elemen HTML. Halaman Web bukan satu-satunya tempat JavaScript digunakan, banyak program desktop dan server yang juga menggunakan JavaScript.

Meteor merupakan sebuah framework perangkat lunak yang diciptakan agar dapat mempermudah programmer membuat apliaksi web. Framework tersebut dapat di pasang pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS dan Linux. Manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna meteor adalah tidak perlu melakukan adaptasi bahasa pemrograman terlalu lama sehingga framework tersebut dapat digunakan oleh pemula dan orang yang sudah mahir. Dengan menguasai JavaScript maka Anda telah menguasai salah satu dari tiga bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk membuat perangkat lunak aplikasi web. Pelajari HTML, CSS dan JavaScript secara bertahap agar aplikasi web yang Anda buat dapat selesai dengan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Banyak sekali materi pemrograman yang dapat diperoleh dari www.w3school.com, diantaranya HTML, CSS, SQL, PHP dan Bootstrap.