13 Desember 2018

Menggunakan Software Opensource Fedora Yang Handal Untuk Komputer Pribadi


Fedora memiliki reputasi dalam memfokuskan inovasi, integrasi teknologi baru dan dekat dengan komunitas linux. Banyak yang beranggapan bahwa fedora adalah sistem operasi yang sulit untuk digunakan. Pada perkembangannya Fedora terus melakukan perbaikan sehingga menjadi sistem operasi yang mudah digunakan untuk berbagai jenis komputer. Fedora digunakan oleh banyak pengembang sekaligus pengguna di seluruh dunia. Dengan menggunakan fedora komputer akan memiliki tampilan menarik, powerfull dan mudah digunakan. Environment grafik default untuk fedora 29 adalah GNOME yang membawa perubahan signifikan dibandingkan dengan edisi sebelumnya.



Menggunakan sistem operasi fedora banyak menjadi pilihan masyarakat bahkan oleh penemu kernel linux bernama Linus Trovald. Sejak rilis fedora 21, fedora memiliki tiga edisi yang berbeda yaitu Workstation yang berfokus pada komputer pribadi, Server untuk keperluan server, dan Atomic yang berfokus pada cloud computing. Menghidupkan PC Fedora sampai layar login memerlukan waktu sekitar 20 detik. Saat ini jarang sistem operasi yang dapat melakukan hal tersebut. Walaupun ditujukan untuk penggunaan umum, secara default aplikasi multimedia untuk memainkan file audio dan video masih kurang. Fedora merupakan sistem operasi paling populer ke-4 yang paling banyak digunakan. Sistem Operasi Fedora berisi aplikasi desktop yang lengkap antara lain aplikasi produktifitas, utility Internet, dan tool desktop.

Fedora Workstation merupakan sebuah sistem operasi untuk laptop dan komputer desktop yang memiliki seperangkat tool yang lengkap.  Fedora merupakan sistem operasi yang powerfull, fleksibel dan handal. Sistem operasi tersebut baik digunakan untuk keperluan pribadi, datacenter atau developer. Fedora baik digunakan untuk keperluan administrasi perkantoran yang membutuhkan aplikasi word processor, spreadsheet atau presentasi. Fedora 1 rilis pada tanggal 5 November 2003 dengan codename Yarrow, saat ini fedora telah sampai pada edisi fedora 29 yang rilis pada 30 Oktober 2018. File image perangkat lunak tersebut dapat diperoleh melalui web beralamat https://getfedora.org. Pemasangan sistem operasi dilakukan dengan burning file berekstensi ISO yang sudah di unduh ke dalam DVD, dilanjutkan dengan instalasi sistem operasi melalui DVD berisi fedora tersebut.

Fedora dirilis  hampir setiap satu tahun sekali, dukungan perangkat lunak dua edisi ke belakang umumnya tidak di dukung oleh komunitas pengembang fedora. Dalam mengembangkan aplikasi dan sistem komunitas fedora menggunakan teknologi-teknologi terbaru. Pada tahun 2008 Linus Torvalds mengatakan bahwa Fedora memiliki dukungan yang cukup bagus untuk arsitektur prosesor PowerPC. Fedora adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang bebas dan powerfull, hal itu merupakan konsep baru dalam distribusi perangkat lunak open source yang mana komunitas global pendukung memainkan peran yang mendasar.Setiap update dalam fedora memungkinkan untuk dipasang ke semua distro linux yang memanfaatkan fitur fedora. Fedora hadir dengan berbagai pengembangan keamanan yang tidak berbeda jauh dengan redhat.

Beberapa alasan yang membuat fedora ataupun sistem operasi berbasis linux lainnya sulit adalah integrasi sistem yang buruk, pengembangan tidak-kohesif, dikembangkan di negara berkembang, jumlah utility dan hardware yang perlu di konfigurasi tidak seimbang dan motivasi mempelajari linux tergolong rendah. Selain itu kebutuhan aplikasi yang digunakan belum tentu didukung oleh fedora, sehingga membuat pengguna harus berganti sistem operasi saat menggunakan aplikasi yang ia butuhkan. Salah satu aplikasi perkantoran opensource yang paling populer adalah OpenOffice.org. Aplikasi tersebut satu paket dengan fedora dan juga memungkinkan untuk digunakan oleh berbagai sistem operasi. Fedora mendukung banyak format multimedia yang bebas untuk di distribusikan yaitu Ogg media, Vorbis audio, Theora video, Speex audio, dan format audio FLAC. Fedora menggunakan program yang disebut PackageKit untuk membantu pengguna dalam memasang dan menghapus perangkat lunak dalam kondisi GUI. Network Manager merupakan default aplikasi konfigurasi jaringan untuk GNOME desktop sejak Fedora 11. Aplikasi ini dapat digunakan untuk konfigurasi berbagai perangkat jaringan dan koneksi yang memungkinkan Anda untuk mengakses Internet.

Fedora Workstation adalah sistem operasi yang dapat diandalkan, user-friendly dan powerfull untuk komputer laptop atau desktop. Dapat digunakan oleh berbagai macam pengembang, dari penggemar dan mahasiswa hingga profesional di lingkungan perusahaan.  Fedora Server adalah sistem operasi server yang memungkinkan sistem administrator dan pengguna berpengalaman menggunakan teknologi terbaru yang tersedia dalam komunitas open source.Fedora server memiliki antar muka modern yang membuat Anda mudah dalam melihat, memonitor dan mengelola layanan dalam komputer Anda. Workstation WG menggabungkan hal-hal terbaik dari pola Project Atom dengan Fedora edisi Workstation menjadi sebuah produk yang diberi nama Fedora Atom Workstation.

Fedora Workstation merupakan sebuah sistem operasi untuk laptop dan komputer desktop yang memiliki seperangkat tool yang lengkap.  Fedora memiliki reputasi dalam memfokuskan inovasi, integrasi teknologi baru dan dekat dengan komunitas linux.  Sistem operasi fedora baik digunakan untuk keperluan pribadi, datacenter atau developer. Fedora adalah sistem operasi berbasis kernel linux yang bebas dan powerfull. Dalam memilih jenis fedora sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi. Saat menghadapi kesulitan dalam mengoperasikan fedora, pengguna dapat mempelajarinya melalui manual dalam sistem operasi tersebut atau melalui web saat mengunduh file dari situs pengembang fedora.